Inilah Alasan Kenapa Surat Al Fatihah Ditempatkan Diawal Al Qur'an

- 12 Februari 2021, 21:37 WIB
Inilah Alasan Kenapa Surat Al Fatihan Ditempatkan Diawal Al Qur'an
Inilah Alasan Kenapa Surat Al Fatihan Ditempatkan Diawal Al Qur'an /ali/

BAGIKAN BERITA - Jika diibaratkan sebuah rumah, surat Al-Fatihah dalam Al Qur'an adalah pintu halamannya. Kemegahan Rumah dapat dinilai melalui keindahan halamannya.

Surat Al-Fatihah  dalam Al Qur'an dipandang sebagai surat yang penuh keistimewaan. Banyak sekali keajaiban ketika umat muslim membacanya, salah satunya sebagai pembuka pintu rejeki.

Setiap muslim tahu, Al-Fathihah selalu ada disetiap rakaat dalam sholat. Itu menjadi salah satu faktor terpenting mengapa Al-Fatihah dalam Al Qur'an adalah surat yang penuh keistimewaan.

Baca Juga: Tidak Hanya Aset Dibekukan, Pendukung Aung San Suu Kyi Minta AS Beri Sangsi Tegas Kepada Pejabat Militer

Namun, pernah atau tidak Anda berpikir mengapa surat Al-Fatihah menjadi surat pembuka atau surat pertama dalam Al Qur'an?

Ayat yang pertama kali turun kepada Rasulullah SAW. adalah lima ayat dari surat Al-Alaq. Namun, surat tersebut tidak utuh hanya lima ayat.

Sementara surat yang turun secara utuh dari ayat satu sampai akhir adalah surat Al-Fatihah. Itu sebabnya ustadz Muhammad Abduh berpendapat bahwa surat yang pertama kali turun bukan Al‘Alaq tapi Al-Fatihah karena turun secara utuh dalam satu surat.

Baca Juga: UP DATE COVID-19 Jumat 12 Februari 2021: Sudah 32.656 Orang Meninggal Dunia di Indonesia, Hati-Hati!

Menurut Muhammad Abduh, Allah SWT menempatkan Al-Fatihah sebagai surat pertama karena pokok-pokok kandungan Alquran tercermin dalam ayat-ayat surat Al Fatihah;

Tauhid terdapat pada ayat kedua dan kelima; Janji dan ancaman tersurat pada ayat pertama, ketiga dan ketujuh; Ibadah pada ayat kelima dan ketujuh; Sejarah masa lalu diisyaratkan dalam ayat ketujuh.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X