Gawat! Pandemi COVID-19 Belum Reda, Kini Ada Lagi Kasus Baru Flu Burung yang Menyerang Manusia di Rusia

- 21 Februari 2021, 09:02 WIB
Gawat! Pandemi COVID-19 Belum Reda, Kini Ada Lagi Kasus Baru Flu Burung yang Menyerang Manusia di Rusia
Gawat! Pandemi COVID-19 Belum Reda, Kini Ada Lagi Kasus Baru Flu Burung yang Menyerang Manusia di Rusia /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Flu burung telah menyerang manusia, 7 orang pekerja disebuah pabrik unggas di selatan Rusia dilaporkan terpapar varian virus flu burung bernama H5N8.

Varian virus flu burung yang ditemukan di Rusia ini menularkan dari burung ke manusia dan kemunculan itu telah dilaporkan ke Badan Kesehatan Dunia ( WHO).

Seperti telah diberitakan Reuters pada Minggu 21 Februari 2021, Varian virus flu burung yang menyerang manusia ini telah ada di Rusia, Eropa, China, Timur Tengah, dan Afrika Utara dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Menyedihkan! Anfield Kini Menjadi Kuburan Bagi Liverpool, Selalu Kalah dalam Empat Pertandingan Terakhir

Sebelumnya virus ini hanya menular ke unggas, tidak ke manusia. Varian virus flu burung yang telah diketahui menular ke manusia adalah ada H5N1, H7N9, dan H9N2.

Akibat penularan kepada manusia Kepala Pengawas Kesehatan Konsumen Rospotrebnadzor, Anna Popova melaporkan temuan kasus tersebut ke Badan Kesehatan Dunia ( WHO).

Popova juga mengatakan bahwa orang yang terpapar virus ini kondisinya baik tidak ada keluhan berarti. “Situasi ini tidak berkembang lebih jauh,” ujarnya.

Baca Juga: Myanmar Membara, Para Demonstran Ditembaki Militer dengan Peluru Tajam dua Orang Tewas, 30 orang Luka-Luka

Pada keterangan resminya WHO mengakui bahwa kejadian ini merupakan yang pertama kali virus H5N8 bisa menular ke manusia.

Seperti diketahui flu burung merupakan flu yang ditularkan burung ke manusia. Dalam dunia medis flu burung juga dikenal dengan sebutan avian influenza.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x