Gubernur Jabar Ridwan Kamil Tinjau Apartemen Ayam di Kabupaten Bandung

- 7 Maret 2021, 22:35 WIB
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat melihat langsung Apartemen Ayam di Desa Cibodas, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung.
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat melihat langsung Apartemen Ayam di Desa Cibodas, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. /Humas Jabar/

BAGIKAN BERITA- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau peternakan ayam yang memanfaatkan teknologi 4.0 di Desa Cibodas, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Minggu 7 Maret 2021.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menyebut peternakan tersebut dengan apartemen ayam. Berbeda dengan bentuk peternakan ayam pada umumnya, apartemen ayam ini memiliki lima lantai dengan struktur yang kokoh seluas total 40 meter persegi.

"Saya melihat sebuah terobosan visi bertani atau beternak dengan teknologi 4.0, ini sebuah struktur 40 meter persegi berlantai lima," kata Kang Emil.

Baca Juga: Wagub Jabar Hentikan Pertambangan di Desa Padakembang Tasikmalaya, Karena Palsukan Tanda Tangan Warga

Apartemen ayam ini dapat menampung hingga lima ribu ayam. Peternakan yang dikembangkan oleh warga ini terlihat bersih dan tidak menimbulkan bau.

"Persepsi bahwa peteranakan ayam itu harus satu lantai, jorok, bau, sekarang hilang oleh teknologi karena semuanya dengan 4.0," ujar Kang Emil.

Bahkan untuk menaburkan makanan dan minum untuk ayam pun diatur oleh sebuah alat yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Tak hanya itu, kotoran ayam juga langsung difermentasi sehingga menghasilkan nilai ekonomi.

Baca Juga: AHY Unjuk Kekuatan dan Tegaskan Partai Demokrat Solid Mulai dari Akar Rumput

"Meneteskan minuman dan kasih makanan ayam pake 4.0, kotorannya juga ditarik oleh sebuah motor yang diatur oleh 4.0, nanti kotorannya difermentasi jadi nilai ekonomi juga," jelas Kang Emil.

Rencananya, kata Kang Emil, teknologi apartemen ayam ini akan diaplikasikan pada program petani milenial. Nantinya, peternakan ayam akan digarap oleh para pemuda dan hasil panennya sudah dipastikan akan dibeli.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x