Gunung Semeru di Lumajang Erupsi, Hujan Abu hingga Kabupaten Malang, Ini 4 Kecamatan yang Terkena Abu vulkanik

- 4 Desember 2021, 19:37 WIB
Kendaraan yang terparkir di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tertutup abu vulkanik akibat meletusnya Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).
Kendaraan yang terparkir di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tertutup abu vulkanik akibat meletusnya Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). /(ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Malang)/

BAGIKAN BERITA - Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur, erupsi pada Sabtu pukul 15.20 WIB dan dampak letusan tersebut tidak saja dirasakan penduduk Lumajang, tapi Kabupaten Malang juga terkena dampak berupa hujan abu vulkanik.

Sedangkan jarak antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang kurang lebih 88 km, namun hujan abu akibat erupsi Gunung Semeru tersebut tidak separah di Kabupaten Lumajang.

Menurut pelaksana tugas (PLT) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan saat dikonfirmasi Antara mengatakan bahwa hujan abu akibat dampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur sudah mencapai 4 wilayah di kabupaten Malang, diantaranya Kecamatan Ampelgading, kecamatan Tirtoyudo dan sebagian Kecamatan Wajak dan Kecamatan Bantur.

Baca Juga: Ingin Usaha Berkah dan Terhindar dari Riba, Buruan Daftar di KUR BSI, Anda Bisa Dapat Pinjaman Rp50 Juta

"Untuk wilayah terdampak langsung tidak ada, namun hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa wilayah," kata Sadono Irawan Sabtu 4 Desember 2021.

Sementara itu, Camat Ampelgading Achmad Sovie yang wilayahnya berdekatan dengan Kabupaten Lumajang, menambahkan bahwa saat ini kondisinya aman dan tidak terdampak langsung dari letusan Gunung Semeru.

"Untuk Wilayah Kabupaten Malang kondisi aman karena arah letusan mengarah ke Lumajang, ujarnya kepada Antara.

Baca Juga: Rezeki Akhir Pekan bagi Perempuan yang Butuh Modal, Dapat Pinjaman Tanpa Agunan Rp15 Juta dari PNM Mekaar Plus

Seperti diketahui, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021.
Berdasarkan video yang beredar, tampak gumpalan asap membumbung tinggi. Sementara itu, warga yang melihat letusan tersebut berlari menyelamatkan diri.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) meletus yang disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal di Kabupaten Lumajang.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah