Beri Kenyamanan bagi Penyintas, Kemensos Pasang 4.500 Palet di Posko Pengungsi Cianjur

- 3 Desember 2022, 11:35 WIB
Beri Kenyamanan bagi Penyintas, Kemensos Pasang 4.500 Palet di Posko Pengungsi Cianjur
Beri Kenyamanan bagi Penyintas, Kemensos Pasang 4.500 Palet di Posko Pengungsi Cianjur /Kemensos/

BAGIKAN BERITA- Kementerian Sosial memperhatikan dengan detail kebutuhan para pengungsi terdampak gempa di Cianjur. Untuk meningkatkan kenyamanan mereka selama tinggal di tenda pengungsian, Kemensos telah memasang palet di 5 lokasi pengungsian bencana gempa Cianjur dengan total sebanyak 4.500 palet. Dan secara bertahap akan terpasang di posko-posko pengungsian lainnya di Cianjur.

Palet merupakan papan kayu, yang dirangkai dan diberikan ganjal di bagian bawah. Dengan begitu, papan kayu tidak langsung menyentuh tanah. Palet dilapisi tripleks dan dilapis lagi dengan terpal di atasnya. Sehingga pengungsi tidak lagi basah terembes air bila hujan tiba. Tidur pun lebih nyaman.

Posko pengungsian Lapangan Warung Kondang, posko pengungsian lapangan Cariu, posko pengungsian Nagrak, posko pengungsian Ciputri dan posko pengungsian Cimacan merupakan beberapa contoh lokasi pengungsian yang telah terpasang palet kayu.

Baca Juga: Lesti Kejora Kalahkan Dewi Perssik di Dangdut Academy 5 Social Media Awards, Bukti Fans Lesti Sangat Solid

Seperti di Posko Lapangan Jagaraksa, Desa Jambudipa, Kec. Warungkondang, Kab. Cianjur yang dikelola oleh 3 UPT (Unit Pelaksana Teknis) Kemensos, yakni Sentra Handayani Jakarta, Sentra Kartini Temanggung, serta Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Selain menyalurkan bantuan permakanan dan logistik, juga memasang 1.500 palet kayu dan 200 papan triplek.

Penataan ini dilakukan secara bersama-sama dan gotong royong, baik dari Tim Sentra Handayani, Tim Direktorat Perlindungan Korban Bencana Alam (PSKBA) dengan melibatkan para penyintas, TNI, relawan serta pihak pemerintah desa.

"Penataan ulang posko pengungsian di Lapangan Jagaraksa ini bertujuan agar para pengungsi korban gempa Cianjur merasa lebih aman dan nyaman untuk tinggal sementara waktu selama masa tanggap darurat bencana," kata Kepala Subbag Tata Usaha Sentra Handayani Kemensos Vivi Marlina di Cianjur (2/12).

Baca Juga: Grand Final Dangdut Academy 5 Malam Ini Tidak Tayang, Begini Alasannya

Salah satu penyintas dari Cariu, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur, Kokom (38) yang turut merasakan perubahan akan adanya palet menyampaikan bahwa kini merasa lebih nyaman tinggal di dalam tenda bersama keluarganya.

"Sekarang saya sudah tidak khawatir air masuk ke tenda kalau hujan turun, sudah bisa tidur dengan lebih nyaman," ucap Kokom.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x