Seberapa Dahsyat Gempa Bumi Garut? Ternyata Lebih Besar dari Cianjur, BMKG Sampai Peringatkan Hal Ini

- 3 Desember 2022, 18:54 WIB
Salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa di Cianjur. Hari ini, Kabupaten Garut juga diguncang gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo.
Salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa di Cianjur. Hari ini, Kabupaten Garut juga diguncang gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo. /BNPB/

BAGIKAN BERITA -- Kabupaten Garut diguncang gempa bumi pada Sabtu 3 Desember 2022, pukul 16.49 WIB. 

Gempa bumi Garut terasa hingga Tasikmalaya, Ciamis, Bandung, Cianjur, Sukabumi dan Bogor. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, kekuatan gempa bumi di Garut lebih besar daripada gempa di Cianjur tempo hari. 

Dalam siaran pers, BMKG merilis gempa M 6,4 tersebut berlokasi di 7.49 LS, 107.58 BT, 46 km Barat Daya, Kabupaten Garut di kedalaman 106 km.

Baca Juga: Lebih Besar dari Cianjur, Gempa Garut Mencapai 6,4 Magnitudo, Getarannya Terasa Sampai Ciamis hingga Sukabumi

Hingga pukul 17.30 terjadi juga gempa susulan di Kabupaten Garut berkekuatan 2,9 magnitudo 

Akibatnya, gempa bumi di Garut menimbulkan kepanikan masyarakat. Mereka langsung berhamburan keluar rumah saat terjadi guncangan. 

Gempa Garut juga dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten atau kota yang berdekatan dengan Garut, seperti Tasikmalaya, Ciamis, Cianjur, Bandung hingga Sukabumi. 

"Getaran gempa hampir dirasakan oleh seluruh warga Sukabumi, namun kami belum menerima informasi dampak kerusakan dari gempa tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardani dikutip BAGIKAN BERITA dari Antara News, Sabtu 3 Desember 2022. 

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x