Waspada, Jabar Mulai Dilanda Kekeringan Akibat Kemarau Panjang

- 28 Agustus 2020, 18:46 WIB
Dua orang anak bermain di lahan sawah yang mengalami kekeringan di Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasi potensi kekeringan meteorologis di sejumlah wilayah Indonesia hingga dua dasarian ke depan dengan status waspada hingga awas. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/NZ
Dua orang anak bermain di lahan sawah yang mengalami kekeringan di Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasi potensi kekeringan meteorologis di sejumlah wilayah Indonesia hingga dua dasarian ke depan dengan status waspada hingga awas. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/NZ /RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO

BAGIKAN BERITA - Musim kemarau mulai melanda wilayah Indonesia, Termasuk Jawa Barat. 

Dalam beberapa minggu terakhir, wilayah di Jawa Barat sudah tidak turun hujan. Hal ini berdampak pada ketersediaan air bagi masyarakat. 

Musim kemarau memang biasa datang mulai Juli setiap tahun, puncaknya, Bulan Oktober hingga September. 

Baca Juga: Selena Gomez Jualan Es Krim Seharga Rp.88 Ribu Setelah Rilis Single Ice Cream Bareng BLACKPINK

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mencatat bencana kekeringan mulai terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Barat. Beberapa wilayah yang mulai kekeringan adalah Bogor, Indramayu, dan Cirebon.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jabar, Deni Ramdan mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, di beberapa daerah sudah ada desa atau kecamatan yang kekeringan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar juga telah menetapkan status siaga darurat bencana kekeringan dan kebakaran hutan per 2 Agustus.

"Dengan adanya status itu, kita artinya sudah menyiapkan alokasi anggaran. Ketika ada lokasi yang mulai terdampak, kita bisa segera bergerak," kata dia di Kota Tasikmalaya, Jumat 28 Agustus 2020.

Artikel Ini Sebelumnya Telah Tayang di Pikiran Rakyat dengan Judul: BPBD Jabar Mencatat Sejumlah Wilayah di Jabar Mulai Kekeringan

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x