Doa Niat Puasa Senin Kamis , Keutamaan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

- 13 September 2020, 21:13 WIB
Ilsutrasi Berdoa
Ilsutrasi Berdoa /PIXABAY/

BAGIKAN BERITA -Salah satu amalan sunah yang kaya hikmah adalah puasa Senin Kamis. Selain mendapatkan pahala, Niat puasa Senin Kamis juga ternyata bermanfaat Bagi kesehatan seperti melancarkan metabolisme tubuh, memungkinkan untuk menoleransi karbohidrat (kadar gula darah) lebih baik daripada tidak berpuasa.

Amalan puasa Senin Kamis dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad, sesuai dengan hadis riwayat At Tarmidzi.

"Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa," hadis riwayat At Tarmidzi.

Baca Juga: Harga HP Samsung Terbaru Rp1 Jutaan Pertengahan September 2020, Pilih Tipe Samsung Galaxy A11, M11


Meski bernama puasa Senin dan Kamis, amalan puasa ini merupakan amalan yang terpisah. Jadi, boleh dilakukan pada hari Senin saja atau hari Kamis saja. Jika dilakukan pada keduanya, akan lebih baik.

Sama seperti puasa Ramadan, puasa Senin Kamis juga dimulai dengan niat dan dilanjutkan berpuasa hingga waktu berbuka tiba yakni saat azan Magrib.

Niat puasa Senin Kamis dapat dilakukan di dalam hati atau dibaca langsung. Boleh diucapkan dengan bahasa Arab atau bahasa Indonesia.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Syekh Ali Jaber di Tusuk, Saya Sendiri Yang Lepaskan Pisaunya

Niat puasa sunah itu boleh dilafalkan sebelum terbit fajar dan boleh juga juga setelah terbit fajar atau di siang hari, asalkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Instagram NU Online @nuonline_id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x