Ini Wilayah Paling Parah Jika Tsunami 20 Meter Melanda Selatan Pulau Jawa

- 28 September 2020, 14:55 WIB
Ilustrasi Gelombang Tsunami
Ilustrasi Gelombang Tsunami /PEXELS/ George Desipris

BAGIKAN BERITA - Ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyebut wilayah pesisir selatan Jawa Barat dam Jawa Timur berpotensi gempa dan Tsunami ketinggian hingga 20 meter. 

Para ilmuwan ITB merilis hasil riset tim peneliti Institute Teknologi Bandung yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Scientific Report.

Guru Besar Seismologi Institute Teknologi Bandung Sri Widiantoro dalam sebuah Riset berjudul "Implications for Megathrust Earthquakes and Tsunamis from Seismic Gaps South of Java Indonesia" menyebut Jawa Barat merupakan wilayah yang paling parah jika terjadi tsunami. 

Baca Juga: Hasil Sementara LIDA 2020 Masih Dipegang Hari, Siapa Juara Malam Ini, Meli, Gunawan Atau Hari ?

Isi dari riset tersebut adalah adanya potensi terjadinya gempa megathrust di Selatan Pulau Jawa dengan tsunami dengan tinggi gelombang yang mencapai 20 meter.

Sri Widiyantoro menyampaikan hasil risetnya bersama tim penelitinya dalam acara yang digelar secara virtual yang berbicara tentang implikasi gempa megathrust di Selatan Jawa. 

Baca Juga: Selain Jabar dan Jatim, Ini Daftar Wilayah Terdampak jika Terjadi Gempa dan Tsunami 20 Meter

Dalam acara tersebut, Sri Widiantoro juga memberikan peringatan akan adanya potensi gempa yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, gelombang tsunami diprediksi dapat mencapai tinggi 20 meter di daerah selatan Banten.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Jurnal Presisi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x