Selain Jabar dan Jatim, Ini Daftar Wilayah Terdampak jika Terjadi Gempa dan Tsunami 20 Meter

- 28 September 2020, 15:15 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /kellepics

BAGIKAN BERITA - Para ahli Institut Teknologi Bandung (ITB) mengeluarkan peringatan terjadinya gempa bumi dan Tsunami di sepanjang selatan pesisir Jawa Barat dan Jawa Timur. 

Peringatan itu terungkap dalam riset Riset berjudul "Implications for Megathrust Earthquakes and Tsunamis from Seismic Gaps South of Java Indonesia"

Guru Besar Seismologi Institute Teknologi Bandung Sri Widiantoro mengatakan potensi ini muncul dikarenakan adanya zona aktif tektonik yang ada di Selatan Pulau Jawa sehingga dapat menimbulkan gempa berskala besar. 

Baca Juga: Ini Wilayah Paling Parah Jika Tsunami 20 Meter Melanda Selatan Pulau Jawa

Riset tersebut menggunakan penggabungan data seismik yang diperoleh dari katalog BMKG dan Katalog internasional Seismological Centre (ISC).

BMKG menilai bahwa ada pergerakan tektonik aktif yang cukup mengkhawatirkan di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, selatan Pulau Jawa menjadi salah satu yang mungkin akan terdampak dari lempeng tersebut.

"Ada (Pergerakan) lempeng tektonik di Indo-Australia dengan Eurasia atau Lempeng Sunda di sebelah utaranya, sehingga lokasinya ada di selatan jawa. Dilaut lepas," ucap Rahmat sebagaimana diberitakan Jurnal Presisi dalam artikel berjudul Tsunami Raksasa Mengancam Indonesia, Ini Daftar Daerah yang Berpotensi Dilanda Gelombang 20 Meter

Terkait prediksi potensi tsunami yang dikeluarkan dari riset ITB, ia mengatakan kemungkinan potensi itu dapat dilihat dari adanya seismic gap atau kekosongan kegempaan dalam periode waktu yang cukup panjang dengan magnitudo yang cukup signifikan.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Jurnal Presisi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x