Ini Tanggapan Ridwan Kamil Tentang Usulan Perubahan Provinsi Jawa Barat menjadi Sunda

- 15 Oktober 2020, 10:32 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Pelantikan Pimpinan Baznas Provinsi Jawa Barat di Gedung Bale Asri Pusdai, Rabu, 14 Oktober 2020.*
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Pelantikan Pimpinan Baznas Provinsi Jawa Barat di Gedung Bale Asri Pusdai, Rabu, 14 Oktober 2020.* //Situs Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat

BAGIKAN BERITA - Sejumlah tokoh Sunda di Jawa Barat mengeluarkan wacana dan usulan perubahan nama Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda. 

Wacana itu mengemuka dalam diskusi "Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda" di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (12/10).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan , jika secara geografis provinsi yang berada di paling barat pulau Jawa saat ini adalah Banten. 

Baca Juga: Sinopsis Jodha Akbar Episode 28 Hari Ini Kamis 15 Oktober di ANTV, Ruqaiya Meminta Jodha untuk Mengh

Namun, harus melihat usulan perubahan nama menjadi Sunda secara fundamental. 

"Karena Jawa Barat itu kalau secara judul memang bukan lagi Jawa bagian barat. Jawa paling barat kan Banten," ujar Emil - salaan akrab Ridwan Kamil - kepada wartawan di Pusdai, Rabu 14 Oktober 2020. 

Dia menyarankan, inisiator perubahan nama Jawa Barat menjadi Sunda harus menggelar diskusi yang lebih luas. Sebab, Jawa Barat memiliki tiga budaya yang berbeda. Yakni, Sunda Priangan, Cirebonan dan Betawian. 

Jadi menyepakati dulu kata Sunda itu harus dipahami disepakati oleh sekian persen orang Jawa Barat, di Cirebonan sekian persen, di daerah Jawa Barat di Betawian sekian persen," ujarnya.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Akan Dilaporkan Cipayung Plus Terkait Tuduhan Demo RUU Cipta Kerja, Ini Alasan

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x