Refly Harun Ungkap Gubernur Anies Baswedan Hanya Bisa Diberhentikan dengan Cara Ini

- 19 November 2020, 19:36 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan. /ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A

BAGIKAN BERITA - Dampak pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan massa pendukung Iman Besar Front Pembela Islam (FPI) melebar ke arah upaya pemberhentian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Pemprov DKI Jakarta dianggap tidak bisa mengatasi dan melakukan pembiaran kerumunan saat Habib Rizieq Shihab tiba di Indonesia dan menggelar pesta pernikahan anaknya. 

Menanggapi hal tersebut, pakar hukum tata negara, Refly Harun mengatakan kalau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebetulnya tidak bisa langsung dicopot cuma gara-gara kasus Habib Rizieq Shihab.

Baca Juga: 5 Etika Pinjam Meminjam Dalam Islam, Nomor Dua Bisa Menjadi Haram

Refly Harun menyebut kalau Gubernur Anies Baswedan tetap dapat diberi sanksi atas kasus Habib Rizieq Shihab, tetapi bukan berupa pencopotan alias pemakzulan kepala daerah.

Lebih lanjut, Refly Harun menjelaskan Gubernur Anies Baswedan hanya bisa dicopot jika melalui prosedur politik yang cukup panjang.

Refly menjelaskan apa yang sebetulnya dilanggar oleh Gubernur Anies Baswedan dalam kasus Habib Rizieq Shihab.

"Gubernur DKI kalau dianggap melakukan kesalahan adalah tidak menjalankan kewenangan sebagaimana mestinya," kata dia dikutip Bagikan Berita dari video yang diunggah di kanal YouTube Refly Harun pada Kamis 19 November 2020.

Baca Juga: Pensiun Dari MMA, Khabib Nurmagomedov Kini Banting Setir Bisnis Saluran Seluler

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x