6 Tips Cara Pengereman Yang Baik dan Benar Menggunakan Sepeda Motor, Nomor 4 Jarang Dilakukan

- 29 Mei 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi meletakkan jari di tuas rem motor
Ilustrasi meletakkan jari di tuas rem motor /

BAGIKAN BERITA-Pengguna sepeda motor tentu harus memahami dengan baik bagaimana melakukan pengereman yang benar.

Meskipun faktanya, pengendara menganggap penggunaan rem itu mudah, namun teknik pengereman yang baik dan benar masih belum dikuasai oleh kebanyakan dari pengendara sepeda motor.

Teknik pengereman yang baik dan benar akan sangat berpengaruh terhadap jarak pengereman sehingga akan meminimalisir terjadinya kecelakaan apabila terdapat suatu potensi bahaya di jalan raya.

Baca Juga: Inilah 7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Berikut adalah tips teknik pengereman yang baik dan benar bagi pengendara sepeda motor agar selalu aman dan nyaman saat berkendara diantaranya :

1. Ketika menghentikan laju kendaraan kurangi kecepatan sepeda motor dengan cara menutup putaran gas. Hal ini berfungsi agar tidak terjadi pengereman dan gas secara bersamaan yang dapat menyebabkan tergelincir roda depan. Karena ketika pengereman terjadi sementara putaran mesin masih tinggi, maka proses deselerasi tidak berlangsung secara optimal.

2. Gunakan teknik pengereman dengan menggunakan kedua rem depan dan belakang secara bersamaan. Hal ini membuat pengereman lebih optimal dan memastikan laju motor menjadi lebih stabil.

Baca Juga: Inilah Persiapan Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

Apabila menggunakan motor tipe sport dapat menarik tuas rem depan dan menginjak rem belakang secara bersamaan, sedangkan untuk motor tipe matic dapat menarik tuas rem depan dan belakang secara bersamaan.

3. Semakin jauh jarak pengereman yang diantisipasi semakin banyak ruang untuk berhenti dengan aman dan nyaman. Jarak pengereman sangat penting untuk mengontrol koordinasi antara gas dan pengereman. Bagi pengguna motor sport, kordinasi gas dan pengereman dapat dibantu dengan engine brake dari mesin motor dengan tidak menarik tuas kopling terlalu cepat.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x