Tips Melewati Jalan Berbatu dan Berkerikil Menggunakan Sepeda Motor

- 17 Juli 2022, 22:18 WIB
Ilustrasi foto pengendara sepeda motor menggunakan sepatu
Ilustrasi foto pengendara sepeda motor menggunakan sepatu /PIXABAY/viarami

BAGIKAN BERITA - Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menemani aktivitas sehari-harinya.

Namun tidak semua pengendara mengerti tentang perilaku berkendara yang baik dan benar agar selamat sampai tujuan.

Kondisi jalan raya di Indonesia yang bermacam-macam membutuhkan teknik dasar berkendara yang berbeda-beda, salah satu nya adalah ketika melewati jalan bergelombang atau dikenal dengan bumpy road, jalan berbatu dan jalan kerikil yang licin dan dapat berbahaya bagi pengendara apabila tidak menggunakan teknik dasar berekendara yang benar.

Baca Juga: 3 Tips Cara Merawat CVT atau V-Belt Sepeda Motor Matik


Pengendara sepeda motor wajib memperhatikan ketika melewati jalan jelek atau berbatu.

Hal yang paling penting dilakukan adalah menurunkan kecepatan laju sepeda motor. Pastikan ketika kita melewati jalan tersebut harus dalam keadaan kecepatan yang rendah maksimal 30 km/jam.

Tujuannya adalah untuk mengurangi guncangan yang diterima oleh sepeda motor dan badan pengendara. “Bila guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan seorang pengendara untuk mengalami kecelakaan akan semakin besar,” buka Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora.

Baca Juga: Inilah 6 Tips Cara Naik Motor Matik di Tanjakan dan Turunan

Selain itu, apabila kecepatan sudah dalam kecepatan yang rendah dan guncangan pada motor tidak berbahaya, maka penglihatan harus fokus pada arah tujuan kita ketika berkendara.

Tidak disarankan melihat ke bawah untuk menghindari jalan jelek, karena akan menghilangkan fokus pengendara pada kemungkinan potensi bahaya di depan mata.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x