Tips dan Cara Menyalip Kendaraan Besar Didepan Saat Mengendarai Sepeda Motor

- 7 Januari 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi tips Menyalip kendaraan besar saat menggunakan sepeda motor
Ilustrasi tips Menyalip kendaraan besar saat menggunakan sepeda motor /Dok Deltalube

BAGIKAN BERITA- Berikut ini adalah tips dan cara  menyalip kendaraan besar saat berkendara menggunakan sepeda motor. 

Saat menyalip kendaraan yang lebih besar seperti truk, bus dan lainnya, selain harus harus menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap diperlukan keterampilan dan kesabaran yang lebih saat mengendarai sepeda motor. 

Inilah tips dan cara mengetahui bagaimana etika dan  cara yang benar supaya aman saat menyalip menggunakan sepeda motor dengan melakukan hal berikut ini :

Baca Juga: Inilah Harga Terbaru Wuling Almaz Hybrid Lengkap dengan Fiturnya, Saingan Toyota Innova Zenix

1. Awali dengan menyalakan lampu sein kanan dan atur jarak yang lebih jauh dengan kendaraan yang akan disalip supaya kita dapat melihat kendaraan dari arah lawan apakah kosong/aman atau tidak.

2. Perhatikan lampu sein kanan kendaraan yang akan kita salip apakah menyala atau tidak, jika menyala biasanya belum aman untuk disalip atau menyalip. Apabila lampu sein kanan kendaraan besar tersebut mati dan situasi memungkinkan untuk menyalip lanjutkan dengan memastikan dari arah depan belakang kita pun tidak ada kendaraan yang akan menyalip serta menyalakan lampu dim maksimal 2 kali atau klakson 2 ketukan pendek untuk memberi tanda ke pengemudi truk/tangki/bus kita akan memulai menyalip.

3. Saat menambah kecepatan ketika menyalip, jaga jarak dengan kendaraan yang kita salip, karena hembusan angin di tengah badan kendaraan besar cenderung menyedot ke kolong kendaraan.

4. Saat akan selesai menyalip, pastikan jarak dengan kendaraan yang kita salip sudah jauh atau berikan jarak yang jauh dengan kendaraan yang sudah didahului untuk kembali ke jalur kiri.

5. Jika saat menyalip kendaraan di depan, pengendara harus mengetahui waktu, area atau posisi yang aman, serta harus mengetahui juga apa yang dihindari, dilarang atau tidak boleh dilakukan. Diantaranya :

Baca Juga: Hadirkan Warna Baru, New CB150X  Semakin Gagah di Jalanan, Inilah Harga dan Spesifikasinya

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah