Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik Menggunakan Sepeda Motor  

- 18 April 2023, 22:53 WIB
Tips mudik aman pakai motor biar selamat sampai tujuan kampung halaman.
Tips mudik aman pakai motor biar selamat sampai tujuan kampung halaman. /PT Daya Adicipta Motora (DAM)

BAGIKAN BERITA-Inilah tips mudik menggunakan sepeda motor agar aman dan nyaman hingga ke kampung halaman. 

Mudik menggunakan sepeda motor menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang akan melakukan mudik menggunakan sepeda motor harus mempersiapkan segala sesuatunya ketika akan berkendara baik jarak dekat maupun jauh menuju kampung halaman.

Baca Juga: Melalui Buka Puasa Bersama, Bacank MC Galang Donasi Bantu Pembangunan Tugu 0 Kilometer Pangandaran

 
Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma mengatakan, mudik menggunakan sepeda motor menjadi salah satu opsi bagi masyarakat Indonesia. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya pengendara wajib memperhatikan dan mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari kondisi sepeda motor yang prima, menyiapkan kebutuhan pribadi, mencatat rute perjalan yang dilewati, hingga menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap.
 
Pastikan kondisi sepeda motor berada dalam kondisi yang prima, pengendara juga dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu di bengkel resmi atau AHASS. Cek kondisi ban sepeda motor, pengereman, accu, kelistrikan untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.
 
Sebelum berkendara, pengendara dapat menentukan rute perjalanan menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone untuk mengetahui rute mana yang mudah untuk dilewati dan dapat menghemat waktu, dengan demikian perjalanan mudik akan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Mitsubishi Yakin XFC akan Jadi Mobil Sejuta Umat, Resmi Diperkenalkan di Kota Bandung
 
Selain itu, melakukan istirahat ketika perjalanan jarak jauh sangat penting untuk dilakukan agar membuat kita fokus saat berkendara. Dalam kurun waktu maksimal 2 jam kita harus melakukan istirahat untuk mencegah terjadinya kelelahan saat berkendara.
 
Kelelahan saat berkendara merupakan salah satu penyebab dari terjadinya kecelakaan, jika kita melakukan perjalanan di bulan Ramadhan dan dalam keadaan puasa istirahat ini sangatlah penting karena bisa saja saat kita berpuasa kita kekurangan cairan dan membuat kita semakin lelah saat berkendara.
 
Mudik menggunakan sepeda motor identik dengan membawa barang-barang, namun perlu diperhatikan bahwa barang akan dibawa pada sepeda motor tidak melebih kapasitas yang seharusnya saat menggunakan sepeda motor. Jika menggunakan tas punggung, pastikan bahwa tas tidak melebihi bahu dari pengendara agar terlihat oleh sesama pengendara lain.

Baca Juga: Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Diperkenalkan di Kota Bandung, Yuk Intip Kecanggihan Fiturnya!
 
Disarankan bagi yang akan membawa barang khususnya menggunakan sepeda motor tipe sport, menggunakan tas tangki motor atau untuk tipe lainnya dapat menggunakan box tambahan di belakang sepeda motor.
 
Raincoat atau jas hujan juga menjadi salah satu perlengkapan penting untuk para pengendara sepeda motor yang akan melakukan perjalanan jarak jauh atau dekat. Jas hujan wajib untuk selalu dibawa dan disimpan di bagasi sepeda motor untuk mempersiapkan ketika hujan saat berkendara.
 
Selain itu, hal yang paling terpenting yang harus selalu dibawa dan digunakan ketika berkendara jarak dekat maupun jauh saat mudik adalah riding gear yang aman dan nyaman, seperti menggunakan sarung tangan, helm dan jaket serta riding gear lainnya untuk tetap aman.

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x