8 Tips Cara Berkendara Sepeda Motor yang Tepat saat Lewati Jalan Rusak

- 21 Mei 2023, 19:30 WIB
8 Tips Cara Berkendara Sepeda Motor yang Tepat saat Lewati Jalan Rusak
8 Tips Cara Berkendara Sepeda Motor yang Tepat saat Lewati Jalan Rusak /Yamaha/

BAGIKAN BERITA-Dalam menjalani mobilitas harian, pengguna sepeda motor kerap dihadapkan dengan beragam medan jalan Tidak menutup kemungkinan, jalan yang dilalui tersebut memiliki kondisi yang rusak seperti berlubang, bergelombang, berpasir dan berbatu.

Kondisi jalan yang rusak itu, tentunya tidak hanya menghambat laju kendaraan khususnya pengendara sepeda motor, namun juga cukup berisiko untuk dilalui.

Oleh sebab itu, para pengguna sepeda motor sangat direkomendasikan untuk mencari rute jalan yang kondisinya layak untuk dilalui.

Baca Juga: Mitsubishi Yakin XFC akan Jadi Mobil Sejuta Umat, Resmi Diperkenalkan di Kota Bandung

Namun apabila memang terpaksa dan tidak ada pilihan jalur alternatif lainnya, maka pengendara perlu membekali diri dengan pengetahuan safety riding saat hendak melewati jalanan yang rusak tersebut.

“Saat menaiki sepeda motor tidak selamanya pengendara akan melewati permukaan jalan yang mulus, terkadang juga dihadapkan dengan kondisi jalan yang rusak. Oleh karenanya, beberapa teknik berkendara pun perlu diperhatikan saat melewati jalanan yang rusak tersebut, baik dari segi manajemen kecepatan, postur tubuh, perilaku berkendara, hingga pemanfaatan fitur pada motor untuk meminimalisir terjadinya resiko-resiko yang tidak diinginkan,” ungkap Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Berikut adalah tips berkendara dari Yamaha Riding Academy terkait hal-hal yang harus diperhatikan saat melewati jalanan yang rusak.

1. Kurangi Kecepatan
Saat hendak melewati jalanan yang rusak, hal pertama yang harus dilakukan oleh pengendara adalah mengurangi laju kecepatan motor (deselarasi). Dengan kecepatan yang rendah, traksi ban akan tetap terjaga dan terhindar dari selip saat melewati jalan rusak. Selain itu, ketika ban motor menghantam lubang, guncangan yang dirasakan tidak akan sekuat saat kecepatan motor sedang tinggi. Alhasil, keseimbangan pun dapat lebih terjaga dan mencegah cedera yang serius akibat terjatuh dari motor.

Baca Juga: Rincian Kode Promo Gojek dan Grab Hari Minggu 21 Mei 2023, Banyak Diskon Pesan Makan Pakai Gofood Hari Libur

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x