Inilah David Warren, Sosok Jenius Pencipta ‘Black Box’ Pesawat

- 10 Januari 2021, 11:14 WIB
David Warren dan kotak hitamnya*//Twitter @DefenceScience
David Warren dan kotak hitamnya*//Twitter @DefenceScience /

BAGIKAN BERITA - Saat ini khususnya media di Indonesia sedang tertuju pada pencarian dan evakuasi tragedi jatuhnya pesawat maskapai Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang mengalami musibah di perairan Kepulauan Seribu di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Disamping mencari korban, fokus pencarian diperluas untuk menemukan 'Black box' pesawat.

Namun, apakah Anda tahu apa itu Black box atau kotak hitam pesawat serta tokoh yang berjasa dalam penemuan alat tersebut?

Baca Juga: PBSI: Kedelapan Orang yang Terlibat Match Fixing atau Pengaturan Skor, Bukan Bagian dari Pelatnas

Adalah David Ronald de Mey Warren AO, seorang ilmuwan asal Australia, yang terkenal karena menciptakan dan mengembangkan perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit.

Kecelakaan pesawat yang menimpa ayahnya pada 1934 membuat pria berdarah Australia ini berkeinginan menciptakan perekam data penerbangan.

Pada 1960, seorang hakim di Australia memutuskan bahwa semua pesawat udara Australia harus membawa perekam penerbangan. Australia menjadi negara pertama yang membuat peraturan tersebut.

Dari situlah, black box mulai diproduksi massal dan ‘wajib’ ada di setiap pesawat terbang di dunia. Penemuan black box pesawat oleh David Warren pun mulai diakui negaranya. 

Baca Juga: Luar Biasa, Ilmuan Ukraina Ini Rancang Kapsul Penyelamat Penumpang dari Kecelakaan Pesawat Terbang

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x