Waduh! Mulai 20 Juli 2022 Aplikasi Facebook, Twitter dan WhatsApp Akan Diblokir Kemenkominfo, Ini Alasannya

- 17 Juli 2022, 19:59 WIB
Siap-Siap, 3 Hari Lagi Whatsapp-Instagram bahkan Google Akan Diblokir, Ini Alasannya
Siap-Siap, 3 Hari Lagi Whatsapp-Instagram bahkan Google Akan Diblokir, Ini Alasannya /BiljaST/

BAGIKAN BERITA - Aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter dan WhatsApp rencananya akan diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) rencananya akan blokir Facebook, Twitter dan WhatssApp mulai tanggal 20 Juli 2022.

Pemblokiran Facebook, Twitter dan WhatsApp oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan batas akhir tanggal 20 Juli 2022 apabila Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat, baik PSE domestik maupun global yang beroperasi di Indonesia tersebut tidak melakukan pendaftaran ulang.

Baca Juga: Fenomenal Langka, Hujan Meteor Bisa Dilihat di Indonesia, Di Wilayah Ini Masyarakat Bisa Melihat Jelas

Pendaftaran untuk menyesuaikan informasi itu merupakan upaya pemerintah melindungi masyarakat sebagai konsumen pengguna PSE Lingkup Privat dan menjaga ruang digital Indonesia.

"Bagi PSE agar segera melakukan pendaftaran penyelenggara sistem elektronik di Indonesia, termasuk WhatsApp, Google, Netflix, Twitter, Facebook dan lain sebagainya," tegas Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam keterangannya, Minggu 17 Juli 2022.

Untuk pendaftaran ini, Kemenkominfo memberikan tenggat waktu hingga 20 Juli 2022.

Baca Juga: Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark, Gunakan Aplikasi Savefrom.net

Aturan ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 untuk mewujudkan penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik yang andal, aman, terpercaya dan bertanggung jawab.

"Apabila PSE tidak melakukan pendaftaran sampai dengan batas akhir pada tanggal 20 Juli 2022, maka PSE yang tidak terdaftar tersebut merupakan PSE ilegal di wilayah yuridiksi Indonesia.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x