Apa Beda Domain dan Subdomain? Ini Penjelasan Selengkapnya

- 29 Juli 2022, 10:42 WIB
Ilustrasi  perbedaan domain dan subdomain
Ilustrasi perbedaan domain dan subdomain /kominfo

 

BAGIKAN BERITA - Alamat domain merupakan salah satu bagian penting yang dibutuhkan blogger maupun web developer ketika membuat sebuah website. Ada banyak peran dan fungsi domain yang bisa didapatkan, mulai dari memberikan identitas bagi website, hingga memudahkan pengunjung untuk mengakses isi konten tanpa perlu mengingat IP Address yang digunakan.

 

Dalam prakteknya, terdapat beberapa istilah asing yang digunakan untuk menyebut domain, seperti top level domain, addon domain, hingga subdomain. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas satu istilah saja, yakni apa itu subdomain dan perbedaannya dengan domain biasa. Penasaran seperti apa pembahasannya? Langsung saja berikut ulasan selengkapnya!

Apa itu Domain?

Secara umum, domain adalah sebutan yang digunakan untuk sebuah server website sehingga lebih mudah ketika ingin di akses via internet. Ibarat kata dalam proses pembangunan rumah, server atau web hosting adalah tanah yang sudah dikavling untuk mendirikan rumah, website adalah bangunan rumah, sementara nama domain .id beli di DomaiNesia adalah alamat dari rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal.

 

Domain merupakan komponen website yang nilainya tidak bisa ditawar, pasalnya tanpa menggunakan nama domain user akan kerepotan untuk mengakses konten website karena harus mengingat dan mengetikkan serangkaian angka bernama IP Address, contohnya seperti ini: 109.019.878.2 atau 111.133.342.211.

 

Bagaimana? Sangat membingungkan bukan? Coba jika kamu bandingkan dengan nama domain seperti facebook.com atau twitter.com, tentu penggunaan nama domain jauh lebih sederhana untuk siapa saja yang ingin mengakses halaman media sosial tersebut.

Pengertian subdomain

Jika domain merupakan identitas bagi sebuah website yang bisa berdiri sendiri, maka subdomain bisa disebut sebagai turunan dari nama domain. Kita bisa menyebut bahwa subdomain adalah nama domain standar yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya domain utama. Jadi, eksistensi sebuah subdomain sangat bergantung pada ketersediaan nama domain utama yang digunakan.

 

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x