Percepatan Ekspansi Menuju 5G, Smartfren Gandeng Cisco dalam Partnership Value Framework

- 7 Maret 2023, 16:00 WIB
Penandatanganan kerjasama antara Smartfren dan Cisco.
Penandatanganan kerjasama antara Smartfren dan Cisco. /

BAGIKAN BERITA – Operator seluar Smartfren menggandeng Cisco meresmikan Partnership Value Framework (PVF). 

Penandatanganan kerjasama ini bertujuan untuk memacu efisiensi lewat modernisasi jaringan, dalam rangka persiapan menuju era 5G. 

Nota kesepahaman ini ditandatangani dalam rangkaian acara Mobile World Congress di Barcelona pada pekan lalu, oleh Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren dan Sanjay Kaul, President, Service Provider, Asia Pacific & Japan Cisco.

Modernisasi jaringan diwujudkan dalam rupa peningkatan kapasitas jaringan existing sehingga pelanggan dapat menikmati pengalaman berinternet yang lebih cepat dan nyaman.

Selain itu kerjasama ini juga mencakup penerapan otomatisasi jaringan untuk diimplementasikan pada network planning design. Secara keseluruhan optimasi teknologi 4G yang dilakukan merupakan bentuk dari operational excellence dari Smartfren.

Baca Juga: KUR BNI Sudah Dibuka, Ajukan Pinjaman hingga Rp50 Juta Tanpa Jaminan Bunga 6 Persen dengan Syarat Mudah Ini

Pada kesempatan yang sama, Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren, mengungkapkan lewat kerjasama ini Smartfren dapat mempercepat optimasi jaringan yang ada, termasuk juga melaksanakan rencana ekspansi jaringan di area potensial.

“Tahun 2023 ini, Smartfren berencana untuk menambah setidaknya 4000 BTS di area yang memiliki potensi bisnis bagus. Baru saja kami resmikan BTS baru di Bojonegoro dan Tuban, Jawa Timur pada bulan Februari yang lalu, untuk area Jawa Timur kami rencanakan hingga 1000 BTS baru. Kerjasama ini sangat bermanfaat dalam rencana strategis kami terutama untuk proses roll-out dan go-to-market yang cepat dan efisien," ujar Andrijanto Muljono. 

Smartfren juga mempersiapkan investasi awal menyambut 5G, lewat paket kerjasama ini dapat tercipta ekosistem ICT seamless hybrid cloud data center yang terintegrasi dengan jaringan fiber optik.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x