Aturan Baru Masuk Supermarket Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi, Berlaku Mulai 14 September 2021

- 14 September 2021, 08:43 WIB
Ilustrasi interior atau tampilan kebutuhan di supermarket
Ilustrasi interior atau tampilan kebutuhan di supermarket /Pixabay/igorovsyannykov/

BAGIKAN BERITA - Mulai 14 September 2021, pemerintah mewajibkan masyarakat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memasuki supermarket.

aturan baru penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini tertuang pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 39 Tahun 2021 terkait aturan PPKM Jawa-Bali.

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini sebagai upaya memudahkan tracking status kesehatan pengunjung supermarket.

Baca Juga: PPKM Kembali Diperpanjang hingga 20 September 2021, Bioskop Kembali Dibuka dengan Prokes

Selain itu, pemerintah juga menyesuaikan waktu operasional untuk supermarket, hypermarket, pasar tradisional dan swalayan, serta pertokoan kelontong.

Waktu operasional berlaku sampai pada pukul 21.00 waktu setempat serta 50% kapasitas pengunjung untuk kategori diatas yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, untuk pasar dan toko seperti pedagang kaki lima/asongan, outlet atau agen pulsa/voucher, barbershop, bengkel, dan sejenisnya juga diizinkan buka hingga pukul 21.00 waktu setempat.

Baca Juga: 10 Regulasi Syarat Perjalanan Kereta Api Komuter dan Lokal, Berlaku per 14 September untuk Wilayah Aglomerasi

Pasar dan toko tersebut diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat dan mengikuti aturan teknis dari pemerintah daerah.

Untuk diketahui, sebelumnya Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), mengumumkan hasil evaluasi selama pemberlakuan PPKM Jawa-Bali dilakukan.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X