Bulan Cinta Laut di Pulau Saseel Kabupaten Sumenep Jawa Timur Direspon Positif Masyarakat Pesisir

- 7 September 2022, 14:00 WIB
Agenda Bulan Cinta Laut
Agenda Bulan Cinta Laut /Hendra Karunia /Bagikan Berita

BAGIKAN BERITA - Agenda BCL (Bulan Cinta Laut) yang di telah dicanangkan oleh Pemerintah dalam hal ini oleh Menteri Kelautan dan Perikanan sejak bulan Januari 2022 di Kabupaten Bantul Provinsi DIY, mendapatkan respon yang positif dari warga masyarakat pesisir khususnya yang di Pulau-Pulau Kecil.

Kegiatan Bulan Cinta Laut yang di maksudkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trengono adalah masyarakat / nelayan pergi ke laut disaat masa paceklik ikan dengan mengambil sampah yang ada di lautan yang kemudian di timbang dan di berikan kompensasi dengan harga nilai ikan terendah per kilo gramnya.

Masyarakat pesisir khususnya di Pulau-Pulau Kecil sangat antusias terhadap program KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) khususnya program Bulan Cinta Laut , karena permasalahan terbesar di PPK (Pulau-Pulau Kecil) selain masalah energy adalah masalah sampah terutama sampah plastik.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bandung untuk Liburan Akhir Pekan Ini, Cocok untuk Keluarga

Seperti yang terjadi di Pulau Kecil bernama Pulau Saseel, Kecamatan Sapeken Kab. Sumenep Provinsi Jawa Timur.

Warga di Pulau ini masih banyak yang membuang sampahnya langsung ke laut, karena tidak ada tempat penampungan sampah sementara maupun TPA (Tempat Penampungan Akhir).

Tidak ada juga petugas yang mengambil sampah rumah tangga, sebagian warga ada juga yang membakar sampahnya. Pemerintah dalam hal ini KKP cq.

Baca Juga: Inilah 7 Tempat Wisata Bandung Hits untuk Libur Sekolah, Salah Satunya Terkenal hingga Mancanegara

Direktorat P4K (Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Puau Kecil) Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut mengadakan kegiatan BCL melalui Gerakan Bersih Pantai dan Laut, berkolaborasi dengan teman-teman mahasiswa Perikanan dari Universitas Brawijaya Malang yang sedang mengadakan KKN di Pulau Saseel tersebut. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Agustus 2022 bertempat di Pantai Bajo Pulau Saseel.

Pemerintah Desa, mulai dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Perangkat Desa bersama seluruh warga di beberapa dusun turut hadir dalam kegiatan tersebut. Acara bersih pantai ini dilaksanakan pemerintah bersama warga dimaksudkan sebagai kampanye, edukasi dan bentuk kepedulian kita semua terhadap permasalahan sampah plastik di laut.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Indonesia mendapatkan predikat sebagai negara penghasil sampah plastik dil laut terbesar ke 2 di dunia setelah negara China. Hal itulah yang membuat pemerintah merespon cepat mulai tahun 2017 hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x