Rekomendasi 6 Aplikasi Simpeg Indonesia untuk Manajemen Karyawan

- 24 Mei 2022, 19:34 WIB
ilustrasi aplikasi simpeg untuk karyawan
ilustrasi aplikasi simpeg untuk karyawan /Pixabay/markusspiske

BAGIKAN BERITA-Mengatur sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan merupakan suatu tantangan tersendiri yang sering dialami oleh berbagai jenis perusahaan. Baik perusahaan besar hingga pemilik UMKM, sumber daya manusia merupakan sebuah cakupan yang harus diperhatikan dengan serius. Mulai dari masalah administrasi hingga data karyawan memerlukan sebuah sistem yang dapat mempermudah sebuah bisnis dalam mengurusnya.


Aplikasi simpeg merupakan sistem berbasis teknologi informasi yang digunakan untuk mengelola data sumber daya manusia pada suatu entitas, baik berupa instansi pemerintah maupun swasta yang berorientasi laba maupun nirlaba. Aplikasi simpeg berguna untuk mempermudah instansi dalam mengelola administrasi karyawan guna mengurus berbagai kepentingan perusahaan dengan lebih efektif dan efisien. Jika suatu pengelola perusahaan membutuhkan data sumber daya manusia, maka dengan aplikasi simpeg Indonesia terbaik, pengelola tidak lagi membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh data karena sudah tersimpan dalam database.


Semakin baik aplikasi simpeg yang perusahaan gunakan, maka semakin kuat pula perusahaan tersebut karena tugas administrasi sumber daya manusianya tersusun dengan baik. Data human resources juga tidak akan tercecer atau hilang, hal ini tentu dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan sistem informasi ini diharapkan manajemen sumber daya manusia dapat mendapatkan data yang akurat terkait pengumpulan, penganalisisan data, pengambilan keputusan dan pelaporan. Mari simak pembahasan terkait aplikasi simpeg Indonesia dengan lebih lengkap pada artikel di bawah ini.

Baca Juga: Cara Cek Daftar Nama Penerima BPNT 2022 Secara Online, Cukup Siapkan KTP


Manfaat Penggunaan Aplikasi Simpeg untuk Manajemen Karyawan


Manajemen data dan sistem informasi sumber daya manusia adalah kegiatan tata kelola atau pengelolaan data sumber daya manusia dengan menggunakan sistem informasi yang berbasis informasi teknologi. Dengan teknologi yang canggih, pengelolaan data sumber daya manusia akan lebih efektif dan efisien sehingga memudahkan pengelola dalam menyajikan dan mengakses data sumber daya manusia. Penerapan sistem informasi sumber daya manusia dapat memberi manfaat utama yaitu sebagai berikut:
• Terorganisir atau teraturnya database sumber daya manusia entitas seluruh informasi yang dibutuhkan sudah tersimpan di dalam software yang digunakan
• Penggunaan waktu dalam pengelolaan data sumber daya manusia lebih efisien. Contohnya untuk pengajuan cuti karyawan perusahaan menggunakan sistem online yang terkoneksi dengan software sehingga lebih mudah dan tidak membuang-buang waktu
• Pengelola lebih fokus pada pekerjaan atau tugas utama yang lebih penting daripada membuang waktu lama untuk urusan administrasi. Dengan singkatnya proses pendataan sumber daya manusia, maka pengelolaan bisa meningkatkan kemampuannya dengan meningkatkan prestasi kerja atau mengikuti pelatihan-pelatihan.
• Aplikasi simpeg dapat mempermudah karyawan dalam suatu perusahaan karena mereka dapat menginput sendiri kebutuhan data sumber daya manusianya.
• Aplikasi simpeg dapat mempermudah HRD dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dengan software ini, proses penyajian laporan sumber daya manusia serta upah karyawan dapat berjalan dengan mudah tanpa memakan waktu lama.


Fitur Aplikasi simpeg Manajemen Karyawan


Sebelum Anda memilih aplikasi atau software mana yang ingin Anda pakai, ketahuilah bahwa terdapat beberapa fitur dari aplikasi simpeg yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan perusahaan Anda. Beberapa fitur yang aplikasi simpeg tawarkan adalah sebagai berikut:
1. Kemudahan penilaian kinerja
Dengan fitur ini Anda dapat memantau dan memaksimalkan efisiensi penilaian performa karyawan secara menyeluruh. Adapun kemudahan ini mencakup beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut:
• Kemudahan dalam manajemen promosi, menurunkan pangkat, serta menggeser divisi dengan penilaian secara otomatis dan objektif
• Mengetahui kemajuan dan perkembangan karyawan lengkap dengan pelacakan KPI dan pelatihan karyawan.
• Melacak tingkat kontribusi karyawan baik dari individu, unit divisi, maupun departemen kerja dengan analisis penilaian performa yang menyeluruh.

2. Kesesuaian penempatan karyawan
Dengan fitur ini Anda dapat mengetahui potensi karyawan dengan mudah dan akurat untuk memaksimalkan performa kerja karyawan pada setiap divisi. Fitur ini memungkinkan terciptanya iklim yang egaliter, berkeadilan dan kompetitif. Adapun cakupan fitur ini adalah sebagai berikut:
• Monitor aktivitas karyawan dengan lebih praktis dan teratur dengan menggunakan fitur manajemen kegiatan yang terintegrasi.
• Meningkatkan performa keseluruhan karyawan dengan manajemen tujuan kinerja dan program pengembangan karyawan yang berkelanjutan.
• Mengevaluasi performa karyawan terbaik untuk menyelaraskan dengan strategi dan tujuan perusahaan dengan Software Talent Management terbaik.

Baca Juga: Cara dan Syarat Mengajukan KUR BRI hingga Rp50 Juta, Siapkan Dokumen Ini

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x