BI Jabar dan Pemprov Jabar Gelar WJIS 2023, Ini 4 Fokus Utama Pembahasannya

- 7 Agustus 2023, 18:19 WIB
Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Bambang Pramono (kiri) memaparkan program West Java Investment Summit (WJIS) 2023 dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) Vol.130 Senin 7 Agustus 2023.
Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Bambang Pramono (kiri) memaparkan program West Java Investment Summit (WJIS) 2023 dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) Vol.130 Senin 7 Agustus 2023. /Ahmad Taofik/bagikanberita.pikiran-rakyat.com

BAGIKAN BERITA – Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali menggelar West Java Investment Summit (WJIS) 2023. Event tahunan yang mempertemukan potential investor dengan berbagai prospective project oleh para project owner ini akan mengusung tema “Invest in Sustainable Growth”.

Bertempat di Parahyangan Convention Exhibition Hall Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, puncak WJIS 2023 akan digelar pada Rabu 9 Agustus 2023.

Pada tahun ini WJIS 2023 akan berfokus pada investasi yang mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan. WJIS 2023 akan fokus pada promosi investasi proyek dengan empat fokus pembahasan yaitu Downstream Industries, Renewable Energy, Vocational Education System, dan New Investment Areas.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Bambang Pramono mengatakan, selama tiga tahun berturut-turut, sejak 2020 hingga 2022, Jawa Barat menempati posisi teratas sebagai provinsi tujuan investasi pertama sekaligus mencatatkan realisasi investasi tertinggi di Indonesia.

Pengelolaan persepsi positif investor yang didukung oleh kemudahan perizinan, kualitas infrastruktur dan sumber daya manusia serta diperkuat dengan strategi komunikasi dan promosi yang tepat mengenai potensi dan keunggulan Jawa Barat menjadi lesson learned atas pencapaian tersebut.

Baca Juga: Hasil Sementara D'Academy Asia 6 Top 9 Grup 1 Tadi Malam di Indosiar, Melly Lee Dapat Nilai Tertinggi

“Hingga semester I 2023, realisasi investasi Jawa Barat mencapai Rp103,7 triliun atau mencapai 15 persen dari total realisasi investasi nasional. Nilai tersebut, meningkat sebesar 17,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Tercatat sebesar USD 4,5 miliar atau setara Rp67,5 triliun total Penanaman Modal Asing (PMA) yang masuk ke Jawa Barat dengan kontribusi sebesar 18,3 persen dari total investasi asing di Indonesia,” ungkap Bambang dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) Vol.130 bertema “WJIS 2023: Invest in Sustainable Growth” di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 7 Agustus 2023.

Menurut dia, WJIS 2023 bertujuan melanjutkan pengelolaan persepsi positif sekaligus mendorong realisasi investasi di Jawa Barat. Sejalan dengan gelaran West Java Economic Society (WJES) 2023, WJIS 2023 juga berperan dalam upaya mencari alternatif pembayaran khususnya pada hilirisasi industri pengolahan dan renewable energi.

Langkah tersebut penting dilakukan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi domestik melalui akselerasi alternatif pembiayaan daerah guna menjaga kinerja sektor industri manufaktur yang merupakan penopang perekonomian Jawa Barat agar tetap tumbuh semakin berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x