BI Jabar dan Pemkot Bandung Gelar Operasi Pasar Beras Medium Guna Jaga Inflasi

- 19 September 2023, 20:30 WIB
Masyarakat membeli beras saat Bandung Gelar Operasi Pasar Beras Medium di Monumen Perjuangan Jabar pada Selasa 19 September 2023.
Masyarakat membeli beras saat Bandung Gelar Operasi Pasar Beras Medium di Monumen Perjuangan Jabar pada Selasa 19 September 2023. /Ahmad Taofik/bagikanberita.pikiran-rakyat.com

BAGIKAN BERITA – Pemerintah Kota Bandung bersama Bulog dan Bank Indonesia menggelar Operasi Pasar Beras Medium di Monumen Perjuangan Jabar pada Selasa 19 September 2023.

Operasi Pasar Beras Medium digelar demi menakan harga beras di pasaran yang masih relatif tinggi. Masyarakat bisa membeli beras medium seharga Rp10.200/kg atau per bag-nya Rp51.000/5kg.

Harga tersebut, lebih murah dari harga beras medium di pasar yang kini mencapai Rp13.000/kg. Sementara HET untuk beras medium berdasarkan peraturan Badan Pangan Nasional adalah Rp10.900/kg.

Operasi Pasar Beras Medium mengalokasikan 10 ton per kecamatan dari Bulog cabang Bandung sehingga pemkot menyiapkan 300 ton untuk seluruh Kota Bandung.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, operasi pasar ini sangat membantu masyarakat.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Imlie Season 2 Hari Ini Selasa 19 September 2023 di ANTV, Lengkap dengan Daftar Pemain

“OP ini digelar di seluruh kecamatan se-Kota Bandung. Hari ini digelar di 3 kecamatan. Totalnya 10 ton, tapi jika masyarakat banyak yang belum kebagian, kita akan tambahkan pasokannya lagi,” ujar Ema.

Sementara itu, Deputy Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bambang Pramono mmengungkapkan, Operasi Pasar diharapkan bisa menekan inflasi harga di masyarakat terutama beras.

“Hingga Agustus 2023, inflasi Jabar secara year on year (yoy) tercatat 3,47 persen. Sedangkan secara year to date (ytd) sampai Agustus 2023 inflasi Jabar mencapai 1,47 persen,” ujar Bambang.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x