Jawa Barat Perluas Investasi dan Pembiayaan Hijau sebagai Tindaklanjut KTT G20

- 26 Juni 2023, 18:48 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea dalam West Java Energy Forum (WJEF) pada Senin 26 Juni 2023.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea dalam West Java Energy Forum (WJEF) pada Senin 26 Juni 2023. /BI Jabar

BAGIKAN BERITA – Guna memperluas penerapan ekonomi hijau di Jawa Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan West Java Energy Forum (WJEF) pada Senin 26 Juni 2023.

Mengambil tema “Unlocking Sustainable Financing for West Java Circular Economy Development”, gelaran WJEF difokuskan untuk mencari solusi dan inovasi atas berbagai tantangan investasi dan pembiayaan hijau di Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea, Kementerian ESDM, perwakilan kedutaan negara sahabat, Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan, perbankan, akademisi hingga para project owners sektor energi baru terbarukan se-Jawa Barat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea menyampaikan bahwa WJEF ini merupakan forum yang sangat strategis.

Hal tersebut sejalan dengan tindaklanjut KTT G20 dan Keketuaan ASEAN yang mendorong berbagai negara di seluruh dunia untuk mempercepat transisi energi serta mendorong terciptanya berbagai inovasi di bidang energi hijau guna menekan emisi karbon global dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca Juga: Bank Indonesia Dukung Jawa Barat Semakin Berseri Tanpa Emisi melalui Electric Vehicle (EV) Fun Trip

Di tataran nasional, Bank Indonesia berperan aktif dalam penciptaan energi hijau melalui dukungan terhadap instrumen kebijakan keuangan hijau yang semakin kuat.

Dukungan tersebut antara lain melalui penerbitan obligasi hijau dan penetapan Loan to Value (LTV) yang lebih rendah untuk kendaraan dan properti hijau.

Selain itu, di tataran spasial, Jawa Barat berada di posisi terdepan dalam penerapan ekonomi hijau. Jawa Barat memiliki banyak potensi energi terbarukan, seperti cadangan panas bumi yang melimpah, potensi sumber daya energi tenaga surya, angin, air dan listrik yang perlu untuk semakin dioptimalkan.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x