BI Jabar Dorong Industri Kecil dan Menengah Mampu Berdaya Saing dan Menjadi Local Value Chain

- 14 Juli 2023, 14:30 WIB
Penyelenggaraan West Java Industrial Meeting (WJIM) 2023 yang digelar BI Jabar dan KADIN Jabar di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat pada Kamis 13 Juli 2023.
Penyelenggaraan West Java Industrial Meeting (WJIM) 2023 yang digelar BI Jabar dan KADIN Jabar di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat pada Kamis 13 Juli 2023. /

BAGIKAN BERITA – Bank Indonesia Jawa Barat bersinergi dengan Kamar Dadang dan Industri Indonesia (KADIN) Jawa Barat menyelenggarakan West Java Industrial Meeting (WJIM) 2023 di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat pada Kamis 13 Juli 2023.

WJIM bertujuan untuk mendorong hilirisasi industri pengolahan melalui penguatan local value chain. Event ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Mengusung tema “Optimalisasi Peran dan Fungsi Kawasan Industri dan IKM dalam Penguatan Local Value Chain dan Hilirisasi Industri Pengolahan di Jawa Barat”, WJIM 2023 juga merupakan kegiatan Road to West Java Investment Summit (WJIS) yang akan diselenggarakan pada Agustus 2023.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Bambang Pramono menyampaikan, bahwa WJIM ini sejalan dengan strategi pembangunan industri menuju Indonesia Maju 2045, yang difokuskan pada industri pengolahan sumber daya alam (SDA) berbasis kawasan dan sentra industri dengan integrasi rantai pasok dan rantai nilai dari hulu ke hilir.

Baca Juga: Kumpulan Gojek dan Grab Bulan Juli 2023: Banyak Diskon dan Cashback untuk Pelangga yang Ingin Berhemat

Guna mewujudkan hal tersebut, peran Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam urutan rantai industri pengolahan perlu untuk semakin dioptimalkan agar mampu berdaya saing dan menjadi local value chain industri nasional.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan, bahwa gelaran WJIM 2023 ini merupakan hal yang penting dalam rangka menghasilkan rekomendasi dan strategi penguatan pelaksanaan local value chain dan hilirisasi industri pengolahan di Jawa Barat.

WJIM 2023 juga diharapkan dapat menciptakan strategi integrasi IKM dalam kawasan industri dalam bentuk penguatan regulasi serta hal-hal teknis, sebagai input kebijakan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Dalam implementasinya, hilirisasi tersebut membutuhkan sinergi dan kolaborasi diantara seluruh pihak seperti diantaranya KADIN, HKI, dan perbankan. Beberapa peran pengembangan model bisnis pembiayaan sangat dibutuhkan dalam mendukung perusahaan di level IKM.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x