Kepala BI Jabar Optimistis Ekonomi Jawa Barat pada Tahun 2023 Akan Tumbuh Positif

- 31 Oktober 2023, 19:46 WIB
Press Conference acara West Java Economic Society (WJES) 2023 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat pada Selasa 31 Oktober 2023.
Press Conference acara West Java Economic Society (WJES) 2023 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat pada Selasa 31 Oktober 2023. /Ahmad Taofik/Bagikanberita.pikiran-rakyat.com

BAGIKAN BERITA – Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Forkopimda, OJK, perbankan hingga asosiasi menggelar West Java Economic Society (WJES) 2023 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat pada Selasa 31 Oktober 2023.

Mengambil tema “Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Jawa Barat melalui Penguatan Ekonomi Domestik dan Percepatan serta Perluasan Digitalisasi”, WJES 2023 digelar dalam rangka mendiseminasikan berbagai solusi dan rekomendasi kebijakan untuk meraih pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang berkelanjutan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea menyampaikan bahwa Jawa Barat patut bersyukur atas kinerja apiknya pada triwulan II 2023 yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,25 persen, lebih tinggi dari nasional sebesar 5,17 persen dan menjadi yang tertinggi di Pulau Jawa.

Pertumbuhan ekonomi tersebut juga didukung dengan stabilitas harga di Jawa Barat, sejalan dengan realisasi inflasi September 2023 yang tercatat rendah sebesar 2,35 persen (yoy).

“Atas capaian tersebut, Bank Indonesia memprakirakan ekonomi Jawa Barat pada tahun 2023 akan tumbuh positif di kisaran 4,7-5,5 persen,” ucap Erwin.

Baca Juga: Jadwal RCTI, Selasa 31 Oktober 2023, Simak Indonesia Movie Awards 2023, Cinta Tanpa Karena, Ikatan Cinta,

Namun demikian, Erwin menambahkan bahwa dalam mewujudkan hal tersebut masih terdapat beberapa tantangan bagi perekonomian Jawa Barat.

Beberapa diantaranya adalah pengendalian inflasi daerah baik yang bersumber dari imported inflation maupun gejolak harga pangan; realisasi investasi yang belum merata; hingga perlunya menjaga permintaan domestik dan kinerja sektor industri dan akomodasi makan minum.

Maka dari itu, WJES 2023 ini menjadi forum yang strategis dalam menyampaikan berbagai rekomendasi kebijakan dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi Jawa Barat tetap tumbuh.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x