Inovasi Belanja Daerah, Pemda Se-Jabar Bakal Implementasikan Penggunaan Kartu Kredit Indonesia

- 17 November 2023, 21:25 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea (kedia kiri) saat Press Conference High Level Meeting (HLM) dan Capacity Building TP2DD se-Jabar, Jumat 17 November 2023.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea (kedia kiri) saat Press Conference High Level Meeting (HLM) dan Capacity Building TP2DD se-Jabar, Jumat 17 November 2023. /Ahmad Taofik/bagikanberita.pikiran-rakyat.com

BAGIKAN BERITA – Tim Perluasan dan Percepatan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar menyelenggarakan High Level Meeting (HLM) dan Capacity Building TP2DD se-Jabar.

Kegiatan ini mengangkat tema “Perkuat Digitalisasi Daerah Melalui Implementasi Kartu Kredit Indonesia untuk Mengoptimalkan Penerimaan Daerah dan Mewujudkan Jawa Barat sebagai Provinsi Digital”.

HLM dan Capacity Building TP2DD se-Jabar bertujuan mendorong penguatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Sejalan dengan tema yang diusung, HLM mengangkat dua topik utama, yaitu implementasi penggunaan KKI dan evaluasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah dan Championship TP2DD.

Dalam HLM yang digelar pada Jumat 17 November 2023, diluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah atau Kartu Kredit Indonesia (KKI).

Baca Juga: Antusiasme Warga Tukar Sampah dengan Sembako di Bank Sampah Nuri, Alfamart Beri Subsidi

KKI merupakan inovasi pembayaran non tunai yang diterbitkan untuk transaksi belanja pemerintah. KKI hadir mendukung efisiensi dan transparansi dalam realisasi serta pertanggungjawaban penggunaan anggaran pemerintah pusat dan daerah.

Selain itu, penggunaan KKI turut mendukung digitalisasi sistem pembayaran yang diyakini dapat membantu jutaan UMKM di daerah untuk naik kelas seiring dengan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Melalui implementasi KKI ini, ETPD khususnya di Jawa Barat diyakini semakin kuat. Berdasarkan hasil evaluasi Survei Indeks ETPD Semester I 2023, Jabar berada pada Kategori Digital dengan Indeks ETPD sebesar 97,9 persen, tertinggi kedua secara nasional. Begitu pula dengan 27 kabupaten/kota di wilayah Jabar berada pada Kategori Digital.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x