Total Rp7,52 Triliun, BLT El Nino Mulai Disalurkan kepada 18,8 Juta Masyarakat, Begini Cara Mendapatkannya

- 6 Januari 2024, 16:25 WIB
Ilustrasi uang. Cara Cek Status Penerima Bansos, Alhamdulillah BLT El Nino Rp400 Ribu Masih Cair Januari 2024!.*
Ilustrasi uang. Cara Cek Status Penerima Bansos, Alhamdulillah BLT El Nino Rp400 Ribu Masih Cair Januari 2024!.* /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

BAGIKAN BERITA – Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino mulai disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Penyaluran BLT El Nino secara langsung secara simbolis diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

BLT El Nino berupa beras 10 kg disalurkan oleh Airlangga Hartarto kepada 2.200 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 5 Januari 2023.

Airlangga menyatakan bahwa tujuan dari pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini adalah untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah dampak fenomena El Nino.

“Bantuan ini dapat membantu daya beli masyarakat. Dana yang seharusnya digunakan untuk membeli beras dapat dialihkan untuk memenuhi kebutuhan pokok lainnya, sehingga ikut mendorong pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Baca Juga: Kabar Duka, Aktor Speed Racer Christian Oliver Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Karibia

Menurutnya, beras yang disalurkan kepada masyarakat termasuk dalam kategori yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Selain pemberian beras sebanyak 10 kg, pemerintah juga memberikan BLT sebesar Rp200 ribu per bulan, serta memberikan tambahan Rp400 ribu untuk dua bulan. Total dana yang dialokasikan untuk BLT mencapai Rp7,52 triliun untuk 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Airlangga juga berencana untuk memperpanjang program bantuan ini hingga Juni 2024. “Bantuan ini sangat bermanfaat, oleh karena itu, kami akan memperpanjang dan memperluas cakupan wilayahnya, termasuk di Yogyakarta dan daerah Tambora, Jakarta,” ujarnya.

BLT El Nino merupakan bagian dari penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) yang ditujukan kepada 22,4 juta KPM.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x