Cair Lagi, KUR BRI Rp165 Triliun untuk Tambahan Modal UMKM Bunga hanya 6 Persen Angsuran hingga 3 Tahun

- 27 Maret 2024, 06:30 WIB
Ilustrasi Bank BRI, UMKM bisa ajukan KUR untuk tambah modal usaha.
Ilustrasi Bank BRI, UMKM bisa ajukan KUR untuk tambah modal usaha. /Yusuf Ariyanto /Bagikan Berita

BAGIKAN BERITA -- Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kembali bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari bank BRI berupa kredit usaha rakyat (KUR).

Pemerintah kembali menyalurkan KUR untuk UMKM yang membutuhkan modal hingga Rp100 juta tanpa jaminan dengan bunga yang relatif kecil.

Bank BRI mendapatkan alokasi hingga Rp165 triliun di tahun 2024 dari tahun sebelumnya Rp194,4 triliun. Penurunan alokasi KUR untuk BRI ini karena pada tahun 2023, BRI menyalurkan KUR senilai Rp163,3 triliun kepada 3,5 juta debitur.

Adapun target penyaluran KUR 2024, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menetapkan nilai Rp300 triliun.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah berkomitmen dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Untuk itu, pada tahun ini, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp46 triliun untuk subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Jokowi menilai, alokasi subsidi bunga KUR Rp 46 triliun agar para pelaku usaha mikro bisa bisa menikmati bunga pada tingkat 3%, sementara untuk usaha kecil sebesar 6%. Menurut Jokowi, anggaran sebesar Rp 46 triliun bukanlah angka yang sepele. Anggaran tersebut cukup untuk membangun 40 waduk.

Baca Juga: Kumpulan Kode Promo Belanja Baju Lebaran di Zalora, Harga Lebih Murah dengan Diskon hingga 84 Persen

“Pemerintah juga berperan, jangan salah, dalam program KUR. Subsidi pemerintah tahun ini sebesar Rp 46 triliun agar bunganya bisa dipertahankan pada tingkat 3% untuk usaha mikro, dan 6% untuk usaha kecil. Jangan anggap remeh angka tersebut, Rp 46 triliun merupakan angka yang besar, yang jika dialokasikan untuk pembangunan waduk dapat mencapai 40 waduk,” ujar Jokowi.

Melansir situs bri.co.id, para pelaku UMKM yang ingin mengajukan KUR harus mempelajari syarat dan ketentuan untuk mempermudah proses pengajuan.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x