Pihak Kepolisian di Seluruh Wilayah Indonesia akan Telusuri Pasar Muamalah yang Mirip di Depok

- 5 Februari 2021, 23:29 WIB
Kombes Ahmad Ramadhan menggelar jumpa pers terkait Pasar Muamalah di kantor Humas Polri pada Rabu, 3 Februari 2021.
Kombes Ahmad Ramadhan menggelar jumpa pers terkait Pasar Muamalah di kantor Humas Polri pada Rabu, 3 Februari 2021. /Dok. Humas Polri

BAGIKAN BERITA-Pihak Kepolisian rencananya akan menindak pasar muamalah apabila terbukti melakukan transaksi jual beli menggunakan mata uang selain rupiah seperti yang terjadi di Pasar Muamalah bentukan tersangka Zaim Saidi di Depok, Jawa Barat.

Untuk mengantisipasi pasar muamalah di daerah lain semua Polda di Indonesia masih mencari keberadaan pasar yang serupa dengan Pasar Muamalah, Depok, di wilayah tugasnya masing-masing.

"Kepolisian Republik Indonesia terus mendatakan kegiatan sejenis seperti di Depok ini, Seluruh Polda mendata terhadap kasus-kasus yang sejenis Pasar Muamalah yang terjadi di Depok," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Kepolisian Indonesia, Brigadir Jenderal Polisi Rusdi Hartono, di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Sabtu 6 Februari 2021, Aldebaran Datang Tepat Waktu, Andin Batalkan Perceraian?


Sebelumnya, pada Selasa 2 februari penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Kepolisian Indoneia menangkap Saidi lantaran melakukan transaksi jual-beli menggunakan mata uang selain rupiah di Pasar Muamalah, Depok.

Dalam kasus ini, zaim Saidi berperan sebagai inisiator, penyedia lapak Pasar Muamalah sekaligus pengelola pasar itu serta tempat menukarkan rupiah menjadi dinar dan dirham.

Pasar Muamalah dia dirikan di Jalan Tanah Baru, Depok, pada 2014. Pasar yang diisi 10-15 pedagang itu buka sekali dalam dua pekan yakni pada Minggu pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Keuangan Sabtu, 6 Februari 2021, Libra: Akan Ada Hasil Positif, Scorpio: Bersikaplah Fleksibel

Sedangkan Transaksi di pasar muamalah yang menyediakan sembako, makanan, minuman, dan pakaian itu bukan dengan rupiah, melainkan dengan dinar dan dirham.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah