Keutamaan Puasa Syawal: Mengenal 5 Alasan Mengapa Puasa Ini Begitu Berharga

- 12 April 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi bacaan niat puasa Syawal. (Dok. Freepik.com)
Ilustrasi bacaan niat puasa Syawal. (Dok. Freepik.com) /

BAGIKAN BERITA- Puasa Syawal adalah salah satu ibadah sunnah yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri dalam agama Islam.

Meskipun hanya dilakukan selama enam hari setelah berakhirnya bulan Ramadan, puasa Syawal memiliki nilai yang sangat besar di hadapan Allah SWT.

Berikut ini adalah lima keutamaan puasa Syawal yang membuatnya begitu berharga bagi umat Islam.

Baca Juga: 10 Amalan Sunnah Saat Idul Fitri 1445 Hijriyah, Salah Satunya Mandi Terlebih Dahulu

1. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Puasa Syawal adalah bagian dari sunnah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan untuk diikuti oleh umat Islam. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian mengikuti puasa itu dengan puasa enam hari pada bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa sepanjang tahun." Dengan mengikuti jejak Rasulullah, seseorang dapat mendapatkan keberkahan dan kebaikan yang besar.

 

2. Menghapuskan Dosa

Puasa Syawal merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan di masa lalu. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berpuasa Ramadan lalu mengiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu seperti puasa setahun." Dengan melakukan puasa Syawal, dosa-dosa kecil yang telah dilakukan dapat dihapuskan oleh Allah SWT.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah