5 Manfaat Luar Biasa dari Konsumsi Buah Manggis, Hasilnya Bikin Tak Terduga

- 24 Maret 2024, 16:00 WIB
Manggis ternyata mengandung antidioksidan yang tinggi.
Manggis ternyata mengandung antidioksidan yang tinggi. /Pixabay/4537668

BAGIKAN BERITA – Buah manggis, atau yang dikenal dengan nama latin Gracinia Mangostana, tumbuh subur di daerah tropis, termasuk Indonesia. Buah ini tidak hanya terkenal dengan bentuknya yang eksotis dan rasa yang unik, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Selama ini, popularitas manggis memang lebih ditonjolkan oleh keeksotisan bentuk dan keunikan rasanya, namun manfaatnya yang sebenarnya belum banyak disorot.

Jika dilihat dari segi kandungan gizinya, manggis ternyata tidak kalah dengan buah-buahan populer lainnya, seperti jeruk dan apel.

Dikutip dari laman yankes.kemkes, kandungan gizi dalam satu mangkuk buah manggis atau setara dengan 196 gram adalah sebagai berikut: Kalori 143 kalori, Karbohidrat 35 gram, Serat 3,5 gram, Lemak 1 gram, Protein 1 gram, Vitamin C 9 persen dari jumlah kebutuhan harian, Vitamin B9 (asam folat) 15 persen dari jumlah kebutuhan harian, Vitamin B1 (tiamin) 7 persen dari jumlah kebutuhan harian, dan Vitamin B2 (riboflavin) 6 persen dari jumlah kebutuhan harian untuk masing-masing vitamin tersebut.

Baca Juga: 20 Kode Promo Gojek Maret 2024 untuk Dapatkan Diskon dan Cashback Besar pada GoRide, GoCar, GoFood, dan GoSend

Sementara itu, dikutip dari laman Verywell Health dan sumber lainnya, Minggu 24 Maret 2024, berikut sederet manfaat buah manggis bagi kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan manggis dapat mengubah komposisi tubuh seseorang. Dalam satu uji klinis, orang yang mengonsumsi suplemen baru yang mengandung ekstrak manggis dan Sphaeranthus indicus mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Selain itu, peserta yang mengonsumsi suplemen melihat perubahan pada komposisi tubuh, khususnya pengurangan lingkar pinggang mereka. Meskipun demikian, belum jelas apakah perubahan ini disebabkan oleh ekstrak manggis atau faktor lain.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x