Dulu Puji Jokowi Pasti Masuk Surga, Kini Gubernur Kaltim Kecewa Tak Diberi Wewenang Pengelolaan Pertambangan

- 21 Juni 2021, 15:58 WIB
Gubernur Kaltim, Isran Noor akhirnya menanggapi soal Ibu Kota Negara (IKN) baru dan menyebut dapat berpengaruh pada peningkatan ekonomi.
Gubernur Kaltim, Isran Noor akhirnya menanggapi soal Ibu Kota Negara (IKN) baru dan menyebut dapat berpengaruh pada peningkatan ekonomi. /ANTARA

BAGIKAN BERITA - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengaku kecewa terhadap pemerintah pusat karena tak memberikan wewenang dalam pengelolaan serta pengawasan tambang, minyak dan gas.

Pihaknya merasa kurang dihargai oleh para pengelola tambang. Dia pun tak bisa berbuat banyak saat kendaraan truk pengangkut tambang melewati daerahnya. 

Isran Noor pun meminta Jokowi untuk menyerahkan pengelolaan pertambangan kepada pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Timur. 

Baca Juga: Anies Baswedan Ucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Presiden Jokowi: Semoga Bapak selalu Diberikan Kesehatan

Pasalanya, saat ini pertambangan yang terdiri dari minyak dan gas dikelola oleh pemerintah pusat.

"Itulah jadinya. Bahkan, Gubernur lewat saja tidak diperhatikannya. Padahal, lewat di hadapan kendaraan gubernur, truk pengangkut batu bara, kada begaduh inya (tidak tahu-menahu) dengan Gubernur," kata Isran Jumat, 18 Juni 2021 kemarin.

Isran juga mengeluhkan ihwal ketidakberdayaan pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan pertambangan karena aturan yang tidak memungkinkan.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid Respon Seknas Jokowi-Prabowo 2024, Sebut Jabatan Presiden Cukup Dua Periode

"Makanya, saya meminta pusat, agar berikan kewenangan itu. Setidaknya, pengawasan pertambangan dilakukan daerah. Karena, aturan yang sekarang tidak ada pengawasan oleh daerah," tegasnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Galamedia News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x