Ingin ke Tanah Suci untuk Haji tapi Terkendala Biaya, Jangan Khawatir Ini Amalan yang Bisa Menggantikannya

- 26 Juni 2022, 11:19 WIB
Ilustrai ibadah haji
Ilustrai ibadah haji /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Setiap umat muslim yang beriman pasti bercita-cita ingin pergi ke Tanah Suci, tapi banyak yang tidak mampu secara finansial karena ongkosnya terlalu mahal, namun jangan khawatir Allah pasti akan memberikan solusinya, salah satunya adalah dengan amalan sholat subuh berjemaah yang pahalanya sama dengan ibadah haji dan Umroh, berikut penjelasannya.

Sholat adalah ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang beriman kepada Allah SWT, dikerjakan saat fajar (subuh) menjelang matahari terbit.

Perjuangan untuk melakukan sholat subuh berjemaah sangat berat sekali, jika kita tidak membiasakannya.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Memilih Hewan Kurban Sehat dan Sesuai Syariat Islam

Namun walaupun berat untuk melaksanakannya, sholat subuh berjamaah mempunyai banyak keutamaan yang luar biasa bagi ibadah kita.

Sholat subuh berjemaah kadang terabaikan karena beberapa orang tidak disiplin untuk bangun pagi dan melakukannya. Padahal, sholat subuh telah menjadi kewajiban bagi setiap umat Muslim untuk melaksanakannya.

Sholat subuh juga adalah satu-satunya sholat wajib yang disebut teksnya dalam Al-Qur'an,
“ Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat shubuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78).
Untuk mengetahui secara rinci bagaimana keutamaan Sholat subuh berjemaah, maka ikutilah paparan berikut ini yang telah dirangkum redaksi Bagian Berita dari berbagai sumber.

Baca Juga: Bagaimana Bacaan Niat Shalat Idul Adha? Berikut 3 Macam Doa dan Terjemahan Artinya

1. Mendapat berkah
Sholat Subuh berjamaah berpeluang untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT. Rasulullah SAW telah medokan kepada umatnya agar mendapat berkah ketika melakukan aktivitas pagi, terlebih aktivitas wajib dan juga dilaksanakan berjamaah seperti sholat Subuh. "Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

2. Terbukanya pintu rezeki
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA : selepas salat subuh Rasulullah mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan mengatakan.
Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari” (HR. Al Mundziri).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x