Ahli 99 Bahasa Daerah di Indonesia, Inilah Karomah Karomah Sunan Gunung Jati Cirebon yang sangat Luar Biasa

- 28 Juni 2022, 16:30 WIB
Kisah Sunan Gunung Jati yang memiliki banyak karomah, di antaranta bisa mengerti 99 bahasa daerah di Indonesia.
Kisah Sunan Gunung Jati yang memiliki banyak karomah, di antaranta bisa mengerti 99 bahasa daerah di Indonesia. /Twitter @ganaislamika

BAGIKAN BERITA – Sunan Gunung Jati atau bernama asli Syekh Syarif Hidayatullah merupakan satu dari sembilan wali (Wali Songo) termasyhur di Indonesia.

Sunan Gunung Jati menyebarkan agama Islam di wilayah Cirebon dan sekitarnya pada tahun 1500 masehi.

Sunan Gunung Jati memiliki karomah atau keistimewaan dari Allah SWT yang luar biasa.

Melansir Youtube Penerus Para Nabi, Karomah juga bisa disebut dengan kelebihan para wali sebagai senjata dalam menyebarkan agama Islam.

Baca Juga: Kisah Syekh Muhammad Al Haliq, Wali yang Meninggal 150 Hari Lalu Hidup Lagi Membuat Sang Raja Tobat

Bukan senjata dalam bentuk fisik seperti yang digunakan dalam medan perang, namun senjata dalam menyebarkan agama Islam.

Ribuan naskah kuno Cirebon banyak berisi tenang karomah dan kehebatan Sunan Gunung Jati, dan kemudian naskah kuno tersebut dikumpulkan serta berhasil diterjemahkan. Berikut adalah beberapa karomah Sunan Gunung Jati yaitu:

Pertama, Sunan Gunung Jati merupakan ahli 99 bahasa. Karomah Sunan Gunung Jati yang pertama adalah sebagai ahli dalam bahasa, di mana menurut riwayat, Sunan menguasai 99 bahasa daerah di Indonesia. Meskipun daerah tersebut berada dipelosok.

Sang Sunan sangatlah menguasai bahasa-bahasa daerah. Kemampuan ini menjadikan Sunan lebih mudah dalam menyebarkan agama Islam hingga ke daerah pelosok maupun terpencil sekalipun.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: YouTube Penerus Para Nabi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x