WASPADA, Siklon Tropis 96S Terlihat, BMKG: Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Wilayah Indonesia Barat

- 8 Desember 2020, 07:21 WIB
Pantauan BMKG adanya Bibit Siklon Tropis 96S, yang menyebabkan cuaca angin kencang di wilayahnya Indonesia bagian Barat*/
Pantauan BMKG adanya Bibit Siklon Tropis 96S, yang menyebabkan cuaca angin kencang di wilayahnya Indonesia bagian Barat*/ /BMKG

BAGIKAN BERITA - Bibit Siklon Tropis 96S mulai melanda wilayah Indonesia bagian barat dan menyebabkan angin kencang dan hujan lebat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta seluruh warga untuk waspada.

Pasalnya, sebagian besar wilayah Indonesia bagian barat akan diguyur hujan lebat beserta angin kencang dan gelombang tinggi.

Baca Juga: Sedih Banget, Aldebaran Terpaksa Tidur Berlinang Air Mata Didepan Kamar Andin di Ikatan Cinta RCTI

Hal ini dipengaruhi bibit siklon tropis yang terpantau tumbuh di Indonesia  
BMKG melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta memantau pertumbuhan bibit siklon tropis dengan kode "96S" yang berada di Samudra Hindia sebelah selatan Banten.

Berdasarkan analisis tanggal 5 Desember 2020 pukul 19.00 WIB, bibit siklon tersebut berada di 8.7 LS dan 105.3 BT, atau sekitar 350 km selatan barat daya Jakarta. Saat ini sistem "96S" memiliki tekanan udara minimum di pusatnya sebesar 1005 hPa dengan kecepatan angin maksimum 25 knot atau sekitar 45 km/jam.

Dari hasil pemodelan cuaca numerik, bibit siklon tropis "96S" diprakirakan mengalami peningkatan kecepatan angin yang signifikan terjadi para hari Selasa.

Baca Juga: 7 Arti Mimpi Ketemu dengan Orang yang Sudah Meninggal, Nomor 7 Jangan Sampai Deh

Bibit siklon tropis ini berpotensi menjadi siklon tropis pada Selasa malam atau Rabu pagi dengan pergerakan ke arah Tenggara-Selatan menjauhi wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x