7 Jenis Tumbuhan Yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Luka, Nomor 5 Paling Jarang Digunakan

- 13 Januari 2021, 06:28 WIB
7 Jenis Tumbuhan Yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Luka
7 Jenis Tumbuhan Yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Luka /Iwan Rahmansyah/Bagikan Berita

BAGIKAN BERITA- Bagi anda yang tidak tahu apa saja sih tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat luka?


Padahal sejatinya tanaman untuk obat luka itu ada disekitar kita.

Kali ini tim Bagikan Berita akan berbagi tips tentang tumbuhan-tumbuhan yang bisa dijadikan obat.
 
Baca Juga: Jadwal Acara TV RCTI Hari Ini Rabu 13 Januari 2021: Saksikan Ikatan Cinta dan Amanah Wali

1. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki kandungan berbagai jenis senyawa biologis aktif, seperti polymannans, antrakuinon, mannans asetat, beragam lektin serta zat saponin serta senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang ada pada lidah buaya adalah zat yang bisa mencegah bakteri.

Rahasia tanaman ini nyatanya ada di bagian daunnya. Di balik daunnya yang unik serta berduri itu ada zat anti bakteri, anti jamur, serta anti virus yang bisa menghindari luka anda  dari infeksi.
 
Tak berhenti hingga di situ saja, nyatanya tanaman ini dapat memiliki zat yang bisa merangsang pergantian kolagen, hingga kulit anda yang mengalami luka semakin lebih cepat terobati.
 
Baca Juga: Marahnya Aldebaran karena Cinta, Andin Jadi Makin Terpesona di Sinetron Ikatan Cinta

2. Jahe
Khasiat jahe memang sudah sangat terkenal, dibalik rasa pedas dan hangatnya, terlebih lantaran kandungan senyawa seperti minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolene, kurkumen, gingerol, filandrena, serta resin pahit.
 
Apabila anda mengalami luka akibat teriris pisau atau lantaran yang lain, ambil jahe (terserah ingin jahe merah atau jahe putih) seperlunya tergantung dari jumlah luka yang akan diobati, lalu kita parut jahe itu kemudian kita oleskan pada luka kita yang terlebih dahulu sudah dicuci bersih.

3. Getah Pisang
Getah pisang kerap juga dijadikan alternatif obat luka sebagai pertolongan pertama. Misalnya kita saat jauh dari rumah atau sedang berada di kebun.
 
Nah getah pisang yang masih mentah bisa dijadikan obat dengan maksud agar luka pendarahannya cepat berhenti dan mengering.
 
 
Alhasil getah pisang ini berperan seperti lem atau perekat kulit yang robek atau luka lainnya. Caranya adalah
hanya dengan memotong sebagian buah pisang yang masih mentah kemudian dilumatkan pada bagian luka.

4. Babadotan
Babadotan adalah tumbuhan yang kerap jadi gulma atau tanaman hama yang merugikan beberapa petani. Tetapi dibalik itu babadotan bisa digunakan sebagai obat,  pestisida serta herbisida, bahkan juga untuk pupuk bisa tingkatkan hasil produksi tanaman.
 
Babadotan bisa dipakai untuk mengobati luka berdarah, bisul serta eksim.Tak hanya itu, tanaman ini begitu bermanfaat untuk hentikan pendarahan jika ada sisi badan kita yang terluka atau tergores, nah sebagai bahan pertolongan pertama jika kita ada diluar tempat tinggal.
 
Baca Juga: Hari ini, Jadwal Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Rabu, 13 Januari 2021, Ada di Dua Lokasi Berbeda

Cara meramu tanaman babadotan sebagai obat luka, bersihkan tanaman babadotan hingga bersih, lantas tumbuk dengan halus. Terapkan ramuan tersebut ke bagian badan yang sakit atau luka, lantas balut dengan perban. Dalam satu hari, ganti balutan 3-4 kali. Kerjakan penyembuhan ini hingga pulih.

Eh tanaman ini begitu gampang ditemukan di kebun atau di area tanah yang kosong lantaran kerap tumbuh seperti gulma.

5. Daun  Senduduk
Daun senduduk adalah satu diantara  jenis tumbuhan yang banyak tumbuh liar, mempunyai bunga warna merah muda serat ada yang putih, buahnya ini umumnya dijadikan makanan burung cerocok.
 

Langkah memakai daun senduduk untuk memakai luka iaitu dengan langkah mengambil daun senduduk seperlunya (tergantung besar kecilnya luka yang akan kita pulih kan) lalu kita kunyah-kunyah hingga lumat, lalu kita oleskan atau kita tempelkan ke luka yang telah kita bersihkan lalu kita bungkus dengan kain, biarlah hingga satu jam lalu kita ganti lagi dengan yang baru.

6. Pegagan
Pegagan atau kerap di maksud juga daun tapak kuda adalah tanaman herbal herba menyebar yang mempunyai kandungan glikosida triterpenoida yang di maksud asiticoside adalah antilepra serta penyembuh luka yang begitu mengagumkan.

Daun pegagan juga mempunyai Saponin yang dapat menghalangi jaringan sisa luka yang terlalu berlebih (menghalangi terjadinya keloid). Umumnya pegagan dikonsumsi fresh untuk lalapan, namun ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh.
 

Tips meramu daun pagagan menjadi obat jika anda mempunyai luka luar. Caranya cukup tempelkan daun pegagan ditempat luka atau dapat dengan dihaluskan terlebih dulu baru ditempelkan.

7. Cocor Bebek
Pada intinya semua sisi tanaman cocor bebek dapat dipakai sebagai obat,walau demikian umumnya yang kerap digunakan adalah daunnya. Karena daunnya merupakan bagian dari tanaman tersebut yang paling banyak terkandung air serta berlendir.

Didalam daun cocor bebek ini banyak memiliki kandungan zat seperti Asam malat, Damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat serta tanin. Yang memiliki khasiat untuk anti radang, hentikan pendarahan, kurangi pembekakan, serta mempercepat pengobatan luka.
 

tipsnya : Ambil Daun cocor bebek seperlunya, terus parut atau ditumbuk. Berikan sedikit air serta oleskan di bagian badan yang luka, ganti tiap 3 jam sekali atau setelah tumbukan mengering.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x