Alhamdulillah, Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji 20 Ribu Jemaah di Tahun 2024

- 23 Oktober 2023, 15:00 WIB
Presiden Jokowi sebut Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji.
Presiden Jokowi sebut Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji. /Antara/HO-PBNU/pri.

BAGIKAN BERITA – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan tambahan kuota jemaah haji untuk Indonesia di tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden RI Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebutkan, Indonesia dapat tambahan kuota haji sebanyak 20.000 jemaah.

“Saya diberi tahu sudah diputuskan oleh Perdana Menteri Pangeran MBS (Mohammed bin Salman) bahwa tambahan kuotanya adalah 20.000 (jemaah), ini jumlah yang sangat besar,” jelas Jokowi di hadapan para peserta Apel Hari Santri Tahun 2023 yang digelar di Monumen Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu 22 Oktober 2023.

Sebelumnya, Jokowi menuturkan penambahan kuota haji tersebut merupakan hasil dari pertemuannya saat makan siang bersama Putra Mahkota yang juga Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud pada Kamis 19 Oktober 2023.

Menurut Jokowi, dengan tambahan kuota tersebut, waktu tunggu keberangkatan haji bisa dipersingkat dua tahun dari maksimal 47 tahun menjadi 45 tahun.

“Karena beliau sedang senang saya berani ngomong mohon ditambah kuota hajinya untuk Indonesia, karena penduduk Indonesia itu sekarang 278 juta saya sampaikan, dan beliau saat itu spontan ‘Besok pagi-pagi saya beri informasi Presiden Jokowi berapa tambahan hajinya’,” jelasnya.

Baca Juga: Pasangan Prabowo-Gibran Akan Segera Daftar ke KPU, Surat Pemberitahuan Sudah Masuk

Masih di lokasi yang sama, saat memberikan keterangan di hadapan para awak media, Jokowi menyebut penambahan kuota haji tersebut kemudian sudah dapat ditindaklanjuti dan diharapkan sudah bisa mulai diterapkan mulai tahun depan.

“Sudah, ini tinggal ditindaklanjuti dengan surat aja, insyaallah (tahun depan) kalau itu sudah beres,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x