Mahfud MD Ungkap Alasan Gatot Tidak Hadiri Penganugerahan Bintang Mahaputera di Istana

- 11 November 2020, 13:19 WIB
Mahfud MD menjelaskan alasan mengapa Gatot Nurmantyo tidak hadir dalam acara penyerahan Bintang Mahaputera.
Mahfud MD menjelaskan alasan mengapa Gatot Nurmantyo tidak hadir dalam acara penyerahan Bintang Mahaputera. /Youtube

BAGIKAN BERITA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengemukakan alasan Gatot Nurmantyo tidak datang di Penganugerahan Bintang Mahaputera, Rabu 11 November 2020. 

Sedianya, Gatot bersama para mantan pejabat dadi kabinet Indonesia Kerja periode 2014-2019 mendalat tanda jasa dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Mahfud MD mengatakan, ketidak hadiran Gatot bukan berarti menolak tanda jasa Bintang Mahaputra dari Presiden. 

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Tak Datang di Penganugerahan Bintang Mahaputra

"Dari sekian yang dianugerahi Bintang Mahaputera itu, ada yang tidak hadir yaitu Bapak Gatot Nurmantyo. Tapi dalam suratnya Pak Gatot Nurmantyo itu menyatakan menerima, menerima pemberian bintang jasa ini, tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan," terang Mahfud usai acara pemberian penghargaan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan di Istana Negara dikutip Bagikan RRI. 

Beberapa alasan Gatot tidak hadir, dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 dan juga masalah waktu pemberian tanda penghargaan yang di luar biasanya. Mahfud berujar, sejatinya pemberian penghargaan di bulan November tidak menyalahi aturan.

Hal itu dikarenakan masih dilakukan di tahun yang sama. Namun karena adanya pandemi dan untuk mencegah kerumunan orang banyak, maka pemberian penghargaan dipecah menjadi dua.

"Karena suasana COVID disepakati pada bulan Agustus lalu, dipecah menjadi dua. Separuh Agustus separuh sekarang. Sehingga, suasana COVID terpenuhi standar-nya. Yang kedua, kita tetap, kalau beliau mengatakan, karena menurut Pak TB Hasanuddin ini tidak lazim diberikan di bulan November karena biasanya di bulan Agustus, iya. Justru karena COVID, kita pecah dua. Tetapi, tidak lebih dari tahun 2020," papar Mahfud. 

Baca Juga: Lirik Lagu Mago GFRIEND, Tinggalkan Kesan Remaja

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x