Hasil Pertandingan Austria VS Turki di Piala Eropa atau UEFA Euro 2024 Tadi Malam: Merih Demiral Sang Pahlawan

- 3 Juli 2024, 05:55 WIB
Timnas Turki berhasil lolos ke babak perempat final Piala Euro 2024
Timnas Turki berhasil lolos ke babak perempat final Piala Euro 2024 /REUTERS/Lisi Niesner/

BAGIKAN BERITA -- Turki melaju ke perempat final Euro 2024 dengan dramatis setelah mengalahkan Austria 2-1 di Red Bull Arena, Rabu 3 Juli 2024 dini hari WIB. Merih Demiral menjadi pahlawan kemenangan Turki lewat dua gol yang ia ciptakan.

Pertandingan baru berjalan satu menit saat Turki langsung unggul. Arda Guler mengambil tendangan sudut yang dihalau Cristoph Baumgartner sebelum melewati garis gawang, namun bola mengenai rekan setimnya, Stefan Posch. Kiper Patrick Pentz kemudian menghalau bola sebelum jatuh ke kaki Demiral, yang dengan cepat mencetak gol ke gawang Austria.

Austria berusaha segera menyamakan kedudukan. Baumgartner melepaskan tembakan yang meleset, dan kemudian Demiral mencegah upaya Baumgartner lainnya saat bola berbahaya melintasi mulut gawang Turki. Guler nyaris menggandakan keunggulan Turki dengan tendangan dari tengah lapangan yang masih melebar dari gawang Austria.

Rangnick melakukan dua pergantian pemain saat jeda, termasuk memasukkan Michael Gregoritsch yang mencetak hat-trick ketika kedua tim bertemu tiga bulan lalu. Gawang Austria terancam saat Marko Arnautovic berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Mert Gunok yang berhasil dihentikan sang kiper. Setelah itu, Konrad Lainers gagal memaksimalkan peluang saat ia melaju dari tengah lapangan.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Rumania VS Belanda di Piala Eropa atau UEFA Euro 2024: Orange Lolos ke Babak Perempat Final

Namun, justru Turki yang berhasil menggandakan keunggulan. Tendangan sudut Guler pada menit ke-59 disambut sundulan oleh Demiral. Gol tersebut menjadikan Demiral sebagai bek Eropa pertama yang mencetak dua gol pada fase gugur turnamen utama sejak Lilian Thuram melakukannya di Piala Dunia 1998.

Austria baru mampu memperkecil ketertinggalan di menit ke-87 melalui gol Marko Arnautovic. Namun, gol ini tak cukup untuk menyelamatkan Austria dari kekalahan.

Turki lolos ke perempat final Euro 2024 untuk pertama kalinya sejak 2008. Mereka akan bertemu pemenang antara Inggris dan Jerman di babak selanjutnya.

Susunan Pemain Austria vs Turki:

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah