KKJ-PKJB 2024 Jadi Rekomendasi Wisata Belanja di Akhir Pekan, Ada Produk Kriya, Fashion, Kuliner hingga Musik

- 29 Juni 2024, 08:43 WIB
Opening Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) di Trans Studio Mall pada Jumat 28 Juni 2024.
Opening Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) di Trans Studio Mall pada Jumat 28 Juni 2024. /Ahmad Taofik /bagikanberita.pikiran-rakyat.com

BAGIKAN BERITA -- Bank Indonesia Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Dekranasda Jawa Barat resmi membuka event tahunan bergengsi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) di Trans Studio Mall pada Jumat 28 Juni 2024.

Event KKJ-PKJB 2024 digelar selama tiga hari yaitu pada Jumat-Minggu, 28-30 Juni 2024 yang bertempat di Atrium Trans Studio Mall Bandung dan Trans Convention Center.

Kegiatan ini mengusung tema “Sinergi Memperkuat Ekonomi Hijau, Keuangan Digital dan Inklusif serta Iklim Investasi untuk Kemandirian Ekonomi”, secara resmi dibuka melalui Opening Ceremony yang dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, dan Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.

KKJ-PKJB 2024 menghadirkan berbagai kreasi produk kriya, fashion, kuliner, dan industri kreatif premium lainnya yang berasal dari 130 booth UMKM unggulan Jawa Barat. 

Selain menampilkan produk-produk UMKM Premium, KKJ-PKJB 2024 juga menyuguhkan berbagai aktivitas seperti talk show hingga konser musik dengan bintang tamu Yura Yunita dan Kahitna.

Baca Juga: Jadwal Acara RTV Hari Ini Sabtu 29 Juni 2024, Simak Ejen Ali, Check nIn, Bombastis Banget, Tawa Satwa, BoBoiBo

KKJ-PKJB 2024 menjadi rekomendasi bagi masyarakat Bandung maupun wisatawan untuk mengisi liburan akhir pekan dengan berbelanja produk lokal.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menyampaikan bahwa KKJ-PKJB 2024 merupakan wujud komitmen Kementerian Perdagangan bersama Pemerintah Daerah dan stakeholders terkait termasuk Bank Indonesia dalam mendorong pemasaran produk UMKM Jawa Barat. Hal tersebut sejalan dengan UMKM yang dinilai merupakan critical engine bagi perekonomian melalui serapan tenaga kerja yang besar serta kontributif bagi pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, UMKM juga berpotensi menjadi motor peningkatan kinerja ekspor Indonesia sejalan dengan terdapatnya berbagai komoditas yang potensial untuk dipasarkan secara luas ke negara tujuan ekspor utama. Salah satu langkah konkrit Kementerian Perdagangan dalam mendorong ekspor UMKM Jawa Barat adalah melalui Export Coaching Program (ECP).

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah