Bahaya! Berhentilah Merokok Sebelum 10 Penyakit ini Menyerangmu

- 5 Januari 2021, 21:10 WIB
Ilustrasi asap rokok.
Ilustrasi asap rokok. //pixabay.com/realworkhard
BAGIKAN BERITA - Kegiatan Merokok sudah menjadi hal yang umum di lingkungan sekitar kita, kebanyakan perokok umumnya seorang pria namun ada juga wanita yang merokok sebagian entah dengan berbagai alasan yang mereka  lakukan demi menghisap rokok ini.

Di indonesia Sendiri jumlah perokok semakin Meningkat drastis, tak terkecuali perokok remaja sekolah, mereka sudah mulai berani dengan mencoba menghisap rokok ini.

Tanpa mereka sadari, mereka sudah merusak sistem dan jaringan tubuhnya, usia remaja seperti itu, harusnya dijauhakan dengan hal-hal yang dapat mengganggu pertumbuha dan kesehatannya.
 

Baca Juga: Rekomendasi Makanan dan Jajanan Awal Tahun dari Merchant Baru ShopeePay

 
Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bandung Besok Rabu, 6 Januari 2021, Ini Persyaratan dan Biayanya

Terlebih lagi perokok aktif dewasa yang banyak lalu lalang dijalanan ataupun juga diruang lingkup keluarga misalnya seorang ayah Suka merokok, anak pun merasa ingin tahu jadinya, apakah merokok itu enak?

Pada kasus kebanyakan yang terjadi di masyarakat, mereka cenderung tidak mengetahui betul, bahwa bahaya yang ditumbulkan akibat merokok itu sangatlah berpengaruh pada kesehatan.
 
Maka dari itu pentingnya mengedukasi masyarakat sangatlah Penting demi Kesehatan bersama, Terutama orang yang kita sayangi.

Baca Juga: Sedang Tayang, Sinetron Ikatan Cinta di RCTI, Aldebaran Temui Erlangga di Kantor Polisi

Bahaya merokok Bagi kesehatan, hindari sebelum terjadi


1.kanker paru-paru

Merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru secara signifikan. Bahkan, kanker paru-paru merupakan penyebab kematian pertama sebagai bahaya merokok. Pria perokok mengalami peningkatan risiko kanker paru-paru hingga 25 kali, dan wanita meningkat hingga 25,7 kali.


Paru-paru yang rusak, termasuk kanker, merupakan efek yang sering diderita perokok.
Tak hanya kanker paru-paru, perokok juga berisiko mengalami peradangan pada saluran pernapasan, seperti bronkitis.

2. Penyakit jantung

Salah satu kebiasaan yang sangat berkontribusi terhadap penyakit jantung adalah merokok. Masalah pada jantung tersebut termasuk aterosklerosis dan penyakit arteri perifer.Aterosklerosis terjadi ketika adanya penumpukan plak di pembuluh darah. Penumpukan plak ini menghambat jalannya aliran darah sehingga dapat berakibat fatal. Sementara itu, penyakit arteri perifer terjadi ketika pembuluh nadi di kaki dan lengan menyempit, yang juga mengganggu aliran darah.

Baca Juga: Sedang Berlangsung, Serial Radha Krishna Malam Ini di ANTV, Balram mengalahkan 108 Prajurit

3.gigimenguning dan keropos

Bahaya merokok bagi kesehatan jangka panjang lainnya adalah gigi yang menguning dan terlihat kecokelatan. Tak hanya rusaknya warna gigi, bagian mulut ini juga rentan keropos.

4. Keguguran

Merokok selama hamil dapat meningkatkan risiko keguguran. Sang bayi juga rentan mengalami asma, infeksi telinga, gangguan pertumbuhan, kelainan fisik, dan sindrom kematian mendadak pada bayi.

5. Berbagai jenis kanker

Tak hanya kanker paru-paru yang menjadi bahaya merokok bagi kesehatan. Berbagai jenis kanker lain pun bisa terjadi di sekujur tubuh, termasuk kanker serviks bagi perempuan, kanker tenggorokan, kanker kandung kemih, kanker mulut, kanker darah, hingga kanker ginjal.

6.Menopause lebih cepat bagi perempuan
 
Baca Juga: KLIK, Link Live Streaming Ikatan Cinta Malam Ini, Nino Menyelidiki Hubungan Aldebaran dengan Roy

Wanita yang merokok cenderung mengalami menopause lebih cepat, dibandingkan dengan yang tidak merokok. Selain itu, hot flashes (sensasi panas dalam tubuh) sebagai gejala menopause juga meningkat jika Anda menghisap rokok.

7.Gangguan mata

Mata pun tak luput dari bahaya merokok bagi kesehatan. Kebiasaan tak sehat ini dapat mengganggu kemampuan melihat dan meningkatkan risiko berbagai penyakit mata. Penyakit mata tersebut termasuk glaukoma, degenerasi makula, dan katarak.

8. Imunitas tubuh

Menghisap rokok dapat menurunkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, orang yang merokok lebih berisiko untuk mengalami infeksi saluran pernapasan daripada yang tidak merokok.
 
Baca Juga: Mengejutkan, Tak Hanya Pindah Negara, Arya Saloka Juga Ingin Punya Anak Lagi

9. Rheumatoid arthtritis

Radang sendi atau rheumatoid arhtritis adalah penyakit radang kronis dan lebih sering terjadi pada wanita yang memengaruhi persendian di tangan dan kaki. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan dan pada akhirnya menyebabkan tulang keropos  dan kelainan bentuk sendi.

10. Diabetes tipe 2

Bahaya merokok bagi kesehatan ini juga tak kalah berbahaya, karena menyebabkan diabetes tipe 2 dan meningkatkan risiko komplikasi penyakit, termasuk menghambat aliran darah ke kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi dan mengakibatkan amputasi kaki.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x