Kamu Harus Tahu! Inilah Manfaat 'Tidur singkat' bagi Kesehatan Ketika Mengendarai Kendaraan saat Mudik Lebaran

- 13 April 2024, 10:59 WIB
Ilustrasi Tidur Siang Power Nap yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Tidur Siang Power Nap yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh /Pexels/ Andrea Piacquadio

BAGIKAN BERITA-Dr. Ngabila Salama, seorang praktisi Kesehatan Masyarakat, menekankan pentingnya tidur singkat atau power nap sebagai cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental masyarakat saat mudik Lebaran 2024.

Menurutnya, tidur singkat atau power nap selama 15 hingga 30 menit dapat meningkatkan energi, membuat tubuh lebih bugar, dan menghilangkan rasa kantuk dengan cepat saat mengendarai kendaraan khususnya saat mudik. 

Sebagai Kasie Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari Jakarta, Ngabila menyarankan para pengemudi untuk mengoptimalkan power nap saat berkunjung ke rest area, terutama di siang hari antara pukul 13.00 sampai 15.00 atau malam hari.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Ampuh Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik

Tidur singkat atau power nap ini memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, mengurangi kelelahan, meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, dan melancarkan proses pelepasan hormon.

Tidur singkat juga membantu tubuh dalam proses perbaikan otot dan jaringan syaraf, menjaga kinerja otak, serta meningkatkan kemampuan fisik dan kognitif.

Ngabila menyarankan agar ruangan tempat tidur atau suasana mobil harus sepi, sejuk, dan gelap, serta menghindari tidur setelah makan dan mematikan notifikasi perangkat elektronik untuk menciptakan tidur singkat yang berkualitas.

Meskipun tidur singkat hanya membawa seseorang masuk ke fase siklus tidur pertama hingga kedua, tanpa masuk ke fase tiga atau tidur nyenyak, dan fase empat atau rapid eye movement (REM), tidur singkat tetap memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan.

Baca Juga: Inilah 5 Tips Cegah Asam Urat Kambuh Saat Lebaran

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x