Inilah 5 Cara Ampuh Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik

- 12 April 2024, 09:00 WIB
Tips agar tidak mabuk perjalanan saat. Mudik
Tips agar tidak mabuk perjalanan saat. Mudik /kabar-priangan.com/DOK/

BAGIKAN BERITA- Mudik telah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, tidak sedikit orang mengalami mabuk perjalanan saat berpergian dengan menggunakan mobil, kapal laut, maupun pesawat terbang.

Kondisi mabuk perjalanan ini disebabkan oleh ketidakmampuan otak untuk memahami sinyal yang dikirimkan oleh telinga, mata, dan bagian tubuh lainnya.

Gejala mabuk perjalanan antara lain adalah berkeringat, sakit perut, mual, atau muntah.

Baca Juga: Inilah 5 Tips Cegah Asam Urat Kambuh Saat Lebaran

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (7/4/2024), ada lima cara ampuh untuk mencegah mabuk perjalanan:

1. Hindari Makan Sebelum Perjalanan: Makan atau minum secara berlebihan sebelum naik mobil dapat meningkatkan kemungkinan mabuk perjalanan, karena hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan memicu mual bahkan muntah.

2. Pilih Pengharum Mobil yang Tepat: Bau yang menyengat dapat memicu mabuk perjalanan, oleh karena itu penting untuk memilih pengharum mobil yang tidak terlalu kuat. Beberapa wewangian atau diffuser dapat menenangkan pikiran dan membantu mencegah mabuk perjalanan.

 

3. Pilih Tempat Duduk yang Tepat: Kursi tengah atau kursi belakang cenderung meningkatkan risiko mabuk perjalanan. Duduk di kursi penumpang depan telah terbukti menjadi pilihan terbaik bagi penderita mabuk perjalanan.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x