Inilah 5 Tips Cegah Asam Urat Kambuh Saat Lebaran

- 10 April 2024, 13:46 WIB
5 Tips Cegah Asam Urat Kambuh Saat Lebaran
5 Tips Cegah Asam Urat Kambuh Saat Lebaran /pixabay.com/

BAGIKAN BERITA- Banyaknya hidangan khas Lebaran yang mengandung tinggi purin dapat memicu kambuhnya asam urat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih-milih makanan dan menjaga pola makan selama perayaan Idul Fitri.

Asam urat adalah kondisi radang sendi yang kompleks dan umum terjadi, yang dapat menyerang siapa pun. Gejala penyakit ini meliputi serangan nyeri hebat, bengkak, kemerahan, dan rasa sakit pada satu atau lebih sendi.

Menurut laman Mayo Clinic pada Rabu (8/4/2024), berikut adalah langkah-langkah untuk mencegah kambuhnya asam urat saat perayaan Lebaran:

Baca Juga: Cerita Buttonscarves Beauty Hadirkan Produk Kecantikan di Shopee Big Ramadan Sale

1. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Purin: Hindari atau batasi konsumsi makanan yang tinggi purin seperti daging merah, makanan laut (sarden, teri, udang), dan jeroan (hati, ginjal, otak). Konsumsi purin berlebihan dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

 

2. Hindari Makanan Tinggi Fruktosa: Batasi konsumsi makanan atau minuman yang tinggi fruktosa seperti minuman bersoda dan makanan manis. Konsumsi fruktosa berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

 

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih: Minumlah banyak air putih untuk membantu mengencerkan urine dan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x