7 Cara Merawat Organ Tubuh Ginjal Agar Kita Tetap Sehat, Nomor 4 Sangat Penting Loh

- 7 Januari 2021, 11:25 WIB
7 Cara Merawat Organ Tubuh Ginjal ,Nomor 4 Sangat utama Lho!
7 Cara Merawat Organ Tubuh Ginjal ,Nomor 4 Sangat utama Lho! // Pixabay

BAGIKAN BERITA - Masalah kesehatan tubuh kita jangan dianggap sepele, terlebih lagi dengan masalah organ tubuh yang paling penting. Ada baiknya kita berupaya mencegah hal itu terjadi sejak dini.

Nah, maka dari itu yuk! Kita mulai dari sekarang cintailah tubuhmu dan hidup kalian ya, jangan sampai hal-hal yang tidak diinginakan terjadi.

Cegah sekarang dan mulai rawat organ ginjal kalian ya, jika bukan dari dalam diri sendiri, mau siapa lagi?

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah Alasan Doa seorang Ibu akan Dikabulkan oleh Allah SWT

Jangan sampai orang disekelilingmu merasa terbebani jika kamu jatuh sakit. Maka dari itu prioritaskan kesehatan organ tubuh kalian sejak dini dan perawatan berkala.

Ginjal merupakan salah satu organ yang sering kali diabaikan perihal masalah kesehatannya. Dr Bishwaranjan Mohanty, konsultan nefrologi dan dokter transplantasi di pusat Dialisis NephroPlus di Rumah Sakit Jyothi, Odisha, India menyatakan, menjaga kesehatan ginjal sama pentingnya dengan merawat organ lain di dalam tubuh.

Dengan demikian, mulailah perhatikan kesehatan organ tubuhmu, supaya fungsi organ ginjal berfungsi dengan normal dan lancar tanpa adanya gangguan kesehatan yang berarti.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Indosiar Hari Kamis 7 Januari 2021, Saksikan Suara Hati Istri Spesial Amanda Manopo

Sebab, fungsi ginjal sangatlah penting perannya, sebagai organ penyaring limbah yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut di bawah ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan Ginjal,dilansir Bagikan Berita dari Antara. 

1.Hidrasi

Kita semua tahu bahwa minum air sangat penting untuk kesehatan, tetapi minum terlalu banyak air juga bisa menimbulkan masalah, terutama jika Anda mengalami gagal ginjal.
Jangan terlalu khawatir tentang aturan delapan gelas sehari dan fokuslah pada minum yang cukup sehingga urin Anda berwarna kuning muda atau transparan.

2.Menjaga makanan

Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit ginjal, jadi pilihlah makanan sehat, rendah natrium, rendah kolesterol yang dapat membantu mengontrol kondisi ini dan juga baik untuk ginjal Anda.

Baca Juga: Rusuh! Pengesahan Kemenangan Joe Biden pada Pilpres Amerika Serikat Ditunda, Pendukung Trump Ngamuk


3.Olahraga

Olahraga teratur akan membantu Anda mempertahankan berat badan, mencegah diabetes penyakit jantung serta mengontrol tekanan darah dan kolesterol.

4.Jadi filter bagi diri sendiri

Ginjal bertanggung jawab untuk menghilangkan zat berbahaya dari darah, termasuk asap dan alkohol, jadi beri mereka istirahat dan kurangi hal-hal buruk. Mereka juga menyaring obat resep dan obat bebas, jadi jangan pernah minum lebih dari yang diresepkan dan hindari obat yang tidak Anda butuhkan.

5.Ketahui riwayat kesehatan ginjal

Beberapa orang lebih rentan terhadap penyakit ginjal, dan mereka perlu lebih rajin dalam hal perawatan. Kita tahu bahwa diabetes dan tekanan darah tinggi adalah tanda bahaya terbesar, tetapi ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan yakni penyakit jantung, obesitas dan merokok, usia lanjut dan riwayat keluarga.

Baca Juga: Adu Kekuatan Aldebaran VS Erlangga di Ikatan Cinta, Permusuhan Makin Panas, Siapa yang Akan Menang?

6.Lakukan pemeriksaan rutin
Penyakit ginjal dikenal sebagai 'silent killer' karena pasien dapat kehilangan 90 persen fungsi ginjal sebelum gejala muncul. Jika Anda salah satu dari 26 juta orang yang tidak sadar menderita penyakit ginjal, intervensi dini mungkin bisa menyelamatkan hidup Anda.***

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x