Pencipta 'Dragon Ball' Akira Toriyama meninggal di usia 68 Tahun

- 8 Maret 2024, 21:00 WIB
Pencipta komik manga Jepang, Akira Toriyama, yang dikenal dengan judul-judul populer seperti "Dragon Ball" dan "Dr. Slump", terlihat dalam foto yang telah diperbaharui dan tanpa lokasi yang diambil pada tahun 1982 dan dirilis oleh Kyodo.
Pencipta komik manga Jepang, Akira Toriyama, yang dikenal dengan judul-judul populer seperti "Dragon Ball" dan "Dr. Slump", terlihat dalam foto yang telah diperbaharui dan tanpa lokasi yang diambil pada tahun 1982 dan dirilis oleh Kyodo. /Mandatory credit Kyodo/via REUTERS/File Photo

BAGIKAN BERITA- Pengarang dan pencipta  komik yang menciptakan serial anime terkenal "Dragon Ball", Akira Toriyama, telah meninggal dunia pada usia 68 tahun.

Kabar duka tersebut diumumkan oleh Bird Studio, studio produksi manga yang juga merupakan karya dari Toriyama, melalui akun media sosial X Dragon Ball Z pada hari Jumat. Toriyama meninggal karena subdural hematoma akut.

"Bird Studio dengan sedih mengumumkan bahwa kreator manga Akira Toriyama telah meninggal dunia pada tanggal 1 Maret karena subdural hematoma akut. Dia meninggal pada usia 68 tahun," tulis studio tersebut dalam pengumuman yang diunggah pada Jumat.

Baca Juga: Mumpung Awal Bulan! Tabel KUR BRI Rp 70 Juta Angsuran Berapa? Inilah Bocorannya Lengkap Cara dan Syaratnya

Studio tersebut juga menyesalkan bahwa Toriyama meninggalkan beberapa karya yang masih dalam proses pembuatan, namun ia telah memberikan warisan berupa judul-judul manga dan karya seni yang berharga bagi dunia.

Akira Toriyama memulai karirnya di dunia manga Jepang pada usia 23 tahun dengan mengikuti kontes kreator manga amatir yang diadakan oleh Kodansha Weekly Shonen Magazine. Dia memperoleh reputasi melalui serial manga "Dr. Slump" pada tahun 1980.

Pada tahun 1984, Toriyama menciptakan manga "Dragon Ball" yang menjadi sangat populer dan melahirkan seri seperti "Dragon Ball Z" dan "Dragon Ball Super".

Hingga saat ini, "Dragon Ball" tetap menjadi salah satu manga terlaris dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Baca Juga: Alhamdulillah! Saldo DANA Kaget Gratis Rp 100.000 di HP Kamu, Hari Ini Jumat 8 Maret 2024, Begini Cara Klaim

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x